Mengenal Pabrik Terigu di Indonesia

Posted on Updated on

teriguMau lebaran nih… biasanya terigu jadi laris manis n kita-kita jadi belepotan terigu karena sibuk bikin kue kering n cake buat lebaran. Ngomongin terigu di Indonesia … orang selalu menyebut Bogasari produsennya. Emang sih dengan total kapasitas 15.900 ton giling gandum/hari n jumlah karyawan yang mencapai 4.000 orang, jadilah Bogasari industi terigu pertama n terbesar di Indonesia dan merupakan instalasi pabrik terigu dalam satu lokasi yang terbesar di dunia juga lho.
pabrik-teriguTapi ternyata gak banyak yang tau ya kalo industri terigu di Indonesia sekarang sudah berkembang pesat.
Berikut adalah pabrik terigu di Indonesia yang sekarang ada dengan kapasitas gilingnya masing-masing:
– PT Bogasari Flour Mills, Jakarta – 10.000 ton/hari
– PT Bogasari Flour Mills, Surabaya – 5.900 ton/hari
– PT Eastern Pearl Flour Mills, Makassar (dulu Berdikari Sari Utama FM) – 2.900 ton/hari
– PT Sriboga Ratu Raya Flour Mills, Semarang – 1.500 ton/hari
– PT Panganmas Inti Persada, Cilacap – 1.000 ton/hari
– PT Fugui Flour & Grain Indonesia, Gresik – 1.000 ton/hari

Yang di bawah ini belum jelas antara produksi or trader. Denger-denger ada produksinya juga meski kecil:
– PT Purnomo Sejati Flour Mills, Sidoarjo – …
– PT Berkat Indah Gemilang, Tangerang – …

Nah.. yang berikut ini masih proyek dan dijadwalkan mulai berproduksi tahun depan, dengan kapasitas giling 500-1.000 ton gandum/hari:
– PT Pundi Kencana, Cilegon
– PT Cerestar Flour Mills, Cilegon
– PT Lumbung Nasional Flour Mill, Bekasi

Yang ini, sudah mengantongi ijin sejak 2005, tapi belum terdengar kabarnya (maafkan kalo ternyata sayanya yang kuper n belum updated):
– PT Asia Raya, Jawa Timur
– PT Kwala Intan New Grain, Medan

Kabar baiknya buat para pengguna terigu, industri makanan berbasis terigu, mereka bisa memilih terigu mana yang pas n sesuai dengan kebutuhannya. Bagi pabrik terigu sendiri pastilah akan berlomba-lomba untuk konsisten dalam kualitas dengan harga terjangkau. Bagi industri terigu Indonesia tentunya mengurangi impor terigu. Bagi profesional/praktisi di industri terigu, kesempatan kerja n karir pun bertambah. Nah, ternyata banyak pihak yang diuntungkan ya? Insya Allah… Semoga makin maju deh perteriguan di Indonesia.

72 thoughts on “Mengenal Pabrik Terigu di Indonesia

    nanang said:
    December 17, 2013 at 9:55 pm

    kalo ada yang punya polard dengan stok kontinue boleh dong kontak aku via email ke , pantes_trendy@yahoo.com

    Aji Pamungkas said:
    September 21, 2013 at 11:55 am

    Slang Pak.. mau nanya pengambilan brand pollard dari PT.PANGANMAS CILACAP minimal brp dan hargany brp ya pak ..trmkasih

      bakingnfood responded:
      September 22, 2013 at 7:18 pm

      Pak Aji bisa hubungi langsung ke pabriknya saja ya, ke bag Marketing nya, 0282-533720. Maaf blog ini tidak ada hubungannya dengan pabrik terigu manapun :)

      aning tryana said:
      February 2, 2014 at 11:26 pm

      sebuah blog yang bermanfaat untuk memperluas pengetahuan, saya Aning, marketing Ag Lestari untuk rekan-rekan yang memerlukan pollard untuk kebutuhan ternak nya silahkan kunjungi http://www.pakan-alternatif.indonetwork.co.id

    sahrani said:
    October 26, 2012 at 2:36 pm

    tolong beritahu kapan buka lokernya pt.cerestar flour mills,trus apa aja prsyaratannya !

      bakingnfood responded:
      October 27, 2012 at 8:59 am

      Maaf mb Sharani, saya bukan karyawan Cerestar..:) Setau saya mereka sudah mulai produksinya sejak 2 tahun lalu.

    pri - IPB said:
    October 11, 2012 at 1:15 am

    Hallo bakingfood, sukses ya, artikel ini bagus dan bermanfaat.

      bakingnfood responded:
      October 11, 2012 at 8:13 am

      Thanks Pak Pri atas kunjungannya, senang kalau bermanfaat.

    joel said:
    June 7, 2012 at 9:39 pm

    Halo bakingnfood, saya ingin tahu apakah bakingnfood punya info tntang pabrik terigu yg siap menerima terigu singkong (MOCAF), mohon infonya. Thx

      bakingnfood responded:
      June 8, 2012 at 7:59 am

      Setahu saya, pabrik terigu dan pengolahan MOCAF berbeda ya Pak Joel. Jadi so far tidak ada. Kalau untuk ditambahkan, saya juga belum tau. Lebih banyak aplikasinya di industri penggunanya Pak.

    muharom rusdiana said:
    May 12, 2012 at 5:46 am

    ada lowongan krja pak bwt smk.

      bakingnfood responded:
      May 12, 2012 at 8:44 am

      Yang punya pabrik nggak baca ini Mas, hehe…. Ini artikel just information saja..

    [...] Kemarin siang, seorang teman memberitahu kalau postingan di blog ini diunggah ke scribd.com, di sini nih. Dia bercanda dengan bilang hehe..dapat royalty dong. Segera cek link yang diberikan. Ternyata benar. Artikel saya diunggah oleh seseorang bernama Achmad Makmuri. Dari blog ini, tentang Proses Produksi Tepung Terigu dan Mengenal Pabrik Terigu di Indonesia. [...]

    erry said:
    April 12, 2012 at 1:46 pm

    Salam kenal, saya Ahmad Erry dari Marketing PT Eastern Pearl Flour Mills yang letaknya di Makassar. Bagi yang butuh informasi mengenai produk PT. EPFM, silahkan hubungi saya via erry@epflour.com. Jika memang bs saya bantu, insya Allah akan saya bantu. Terimakasih

      sugito said:
      December 31, 2013 at 11:05 am

      SAYA SUGITO DARI MASAMBA KAB. LUWU UTARA SULSEL, INGIN TANYAKAN TENTANG PRODUK BRAND UNTUK PAKAN TERNAK TLG. HUB. 082 187 455 102

    kitaro said:
    February 27, 2012 at 8:01 pm

    pak Zidan, tlg dong krm price list pollard untuk pakan babi, dan biasanya jenis pollard yang di kirim ke Bali yg gimana? n berapa harga mpe di tempat ato kalo saya ambil hrs via mana n siapa? kebetulan saya tinggal di Singaraja Bali. Tlg confirm di ayu.kitaro@yahoo.com. Buat infox thanks banget.

      bakingnfood responded:
      February 28, 2012 at 8:43 am

      Bu Ayu Kitaro bisa japri ke Pak Zidan langsung ya..dia mungkin ga baca kalau ditulis di sini :)

    Handoyo said:
    November 25, 2011 at 10:32 am

    pak boleh saya tahu alamat dari PT Purnomo Budi Sejati Flour Mill?

    Pabrik Terigu di Indonesia | A Note of Baking and Food said:
    October 28, 2011 at 10:37 am

    [...] baca posting saya 2 tahun lalu, tentang pabrik terigu di Indonesia? Saat ini, industri tepung terigu di tanah air berkembang pesat. Pabrik-pabrik baru yang dulu saya [...]

    Tri Wibowo said:
    September 9, 2011 at 3:26 pm

    salam kenal… apakah ada yang bisa kasih info bagaimana cara membeli pollard dari pabrik… mhn info minimal ordernya dan harganya.. terimakasih. mohon kirim ke email saya : bow_free@yahoo.com

      Aris said:
      January 6, 2012 at 6:31 pm

      Salam kenal.., ada yang membutuhkan wheat bran dan wheat pollard buat pakan ternak? saya bs menyediakan dgn hrg terjangkau dlm jumlah banyak. bisa email saya: Corona_tz@yahoo.com
      Trimakasih @Aris

    darson said:
    July 8, 2011 at 12:26 pm

    salam kenal..ada yang bisa bantu infokan, bagaimana membeli produk tepung terigu pt cerestar untuk perdagangan antar pulau..
    thanks

    arum said:
    May 29, 2011 at 11:42 am

    Salam kenal…. saya arum, marketing PT. Sriboga Raturaya, bagi yang ingin mencari informasi produk PT. Sriboga Raturaya silahkan email ke arum.sukmawan@gmail.com

      Agustina said:
      October 10, 2011 at 1:18 pm

      mas Arum dibagian apa ya ? kan ada terigu baru di Sriboga ? yang sekelas terigu jepang. kalo boleh sy bisa minta info nya ? thanks purna.agustina@gmail.com

        arum sukmawan said:
        October 15, 2011 at 8:27 am

        ibu purna, kami punya produk terigu yg sama dg terigu dari jepang. Kami punya merek Hime & Ninja. Keunggulan terigu tersebut adalah “low ash fine granulation”
        Hime adalah terigu protein tinggi untuk aplikasi pastry, roti tawar & roti manis yg membutuhkan pengembangan maksimal,tekstur lembut dan pori seragam.
        Ninja adalah terigu protein rendah untuk aplikasi cake & cookies.

    zoel avianto said:
    May 23, 2011 at 5:45 pm

    saya mau tahu dan barang kali ada yang bisa bantu keperluan riset saya. bagaimana cara membuat terigu secara tradisional maupun modern, kalau ada tolong email ke aviantogp@gmail.com

    Karim Rahmatullah said:
    April 1, 2011 at 8:41 pm

    pabrik terigu yang di macassart koq gak terlalu banyak info-nya ya…..????

    Mario Nugraha said:
    February 8, 2011 at 2:10 pm

    Assalam mualaikum wr.wb boleh saya bekerja di Perusahaan Bapak di Pt. Cerestar Cilegon, saya mau bekerja apa saja Pak. saya pengen bekerja apa saja Pak untuk kebutuhan rumah tangga saya, saya kepengen bekerja diperusahaan Bapak karena saya dekat dari rumah. rumah saya di Jl. Lingk. Jangkar wetan, Cilegon.
    ini no Hp saya 082170972989

    Pujianto said:
    January 2, 2011 at 6:32 am

    Salam kenal buat semuanya, saya Pujianto, Marketing PT. Panganmas Cilacap, bagi yang butuh informasi mengenai produk PT. Panganmas Cilacap, silahkan hubungi saya via kang_poeG@yahoo.com. Jika memang bs saya bantu, insya Allah akan saya bantu. Terimakasih

      bakingnfood responded:
      January 4, 2011 at 8:29 am

      Salam kenal Pak Puji….hhhmmm.. salam ya buat semua tim-nya di sana..:)

    endang.ST said:
    December 20, 2010 at 11:50 am

    assalamulaikum wbr,pak/ ibu HRD manager PT.pundi kencana tlong konfirmasi tentang lowongan kerja

    mico liu said:
    November 16, 2010 at 2:59 pm

    HI Pak Zidan_m28. Sore pak, pak bisa minta no telp bapak?
    email ke mico.wijaya@gmail.com. karena saya butuh pollard dlm jumlah besar. Terima kasih

      bakingnfood responded:
      November 17, 2010 at 6:06 pm

      Pak Mico bisa email langsung ke: zidan_m28@yahoo.com
      Semoga membantu. Uang dengar n perantara 10%, hehe….))

    hendi hidayat said:
    November 5, 2010 at 10:53 am

    saya mau tanya alamat dan no tlp pt. cerestar

    Rifki Faizal said:
    November 2, 2010 at 1:56 am

    Special Buat Pak Zidan dan Pak Ipul Sepertinya Anda Berdua Teman Lama Saya, Hihihi….

    mario said:
    October 21, 2010 at 12:20 pm

    boleh minta no telp pabrik”nya gak? utk cerestar? regards
    nanya 108 gk sesuai / gk ada yg angkat

    Rinto Puranamasidi said:
    October 7, 2010 at 4:40 pm

    Mohon diinfo, untuk kapasitas produksi masing-masing pabrik diatas terbaru bisa saya dapat dari mana yah?

      bakingnfood responded:
      October 8, 2010 at 9:21 am

      Mohon maaf Pak Rinto, saya tidak tahu datanya bisa didapat di mana. Tapi kalau memang ada keperluan yang berhubungan dengan riset/data pemerintah, biasanya bisa menghubungi pabrik n mereka tidak berkeberatan memberi data, tentunya ada prosedurnya Pak.

    Wly said:
    September 20, 2010 at 12:31 am

    Thank you, sangat bermaanfat bagi saya, article yang anda tulis ini.

      bakingnfood responded:
      October 8, 2010 at 9:22 am

      Sama-sama Pak Wly..:)

    ina said:
    September 17, 2010 at 5:58 am

    mau nanya nieh saya butuh ampas terigu (polar) sebanyak 130ton bisa dapet dimana ya

      bakingnfood responded:
      September 17, 2010 at 3:46 pm

      Mbak, tanya aja ke Marketing masing2 pabrik terigu di atas, alamat/webnya bisa di-googling. Maaf kalo tidak membantu.

        zidan_m28 said:
        October 24, 2010 at 11:53 am

        saya marketing pundi kencana flour mills, saya bs bantu untuk yang butuh polard, karena pundi kencana pun ingin meenjual nya klo memang ada yang butuh polard sy bs bantu untuk komunikasi kan ke manajemen pundi. thank,s

        bakingnfood responded:
        October 25, 2010 at 8:21 am

        Thanks Pak Zidan atas infonya. Semoga berguna bagi pembaca n yang memerlukannya.

        sandy kayla indonesia said:
        March 24, 2014 at 2:54 pm

        Pak zidan_m28, saya sudah kirim email untuk informasi nomor yang dapat kami hubungi
        Terima kasih

      Juan said:
      May 14, 2013 at 10:57 pm

      Bu ina, saya jual pollard dr pabrik2 tersebut di atas, bisa hubungi saya di 081999100206

      aning tryana said:
      February 2, 2014 at 11:41 pm

      dear bu Ina,
      ibu bisa kunjungi http://www.pakan-alternatif.indonetwork.co.id
      semoga bisa membantu.

    Rahayu said:
    August 30, 2010 at 7:42 pm

    Ahaha kok jadi bnyk yg nanyain lowongan ya? Padahal sepertinya penulis sudah menyatakan tidak ada kaitannya dgn perusahaan dlm artikel.

    Btw Trimakasih atas artikelnya jadi lebih tau mengenai perush2 terigu di Indonesia, ternyata banyk yg saya belum tahu.

      bakingnfood responded:
      August 31, 2010 at 8:03 am

      Iya Mbak Rahayu. Malah saya jadi pengin mendirikan pabrik terigu nih, he..he.. Sama2 n senang kalau bermanfaat..:)

    johan said:
    July 8, 2010 at 8:13 pm

    minta alamat kantor pusat PT. Cerestar Flour Mills donk..

    marselina said:
    June 24, 2010 at 4:07 pm

    mau tanya soal adakah lowongan di PT. PUNDI KENCANA untuk lulusan S1 sistem informasi?
    untuk bagian ADM nya…
    saya ingin bergabung di tempat yang bapak / ibu pimpin..
    terima kasih….

    IpoeL said:
    June 6, 2010 at 8:12 pm

    Aslkm….
    Maaf, A Note of Baking and Food itu beralamat dimana?
    Saya pengen belajar jd pengusahaa roti, dan minta tolong nich kalau bpk/ibu pny info kerja jd technical sales representative di perusahaan terigu tlng email ke ipul.
    Terima kasih bnyk and waslkm…..

    ROY DATUL ULUM said:
    June 5, 2010 at 8:25 pm

    pagi Bapak/i staff.
    saya mau tanya soal kapan kesempatan u/ bisa bergabung pda perusahaan ini,krena saya ingin skali bergabung pda PT ini.
    tramksih sblmnya.

    dian said:
    June 1, 2010 at 12:54 pm

    pa,saya mau tanya sejak kpan perusahaan yang di kawasan mm 2100 berdiri?
    klau bleh tau kpa biasanya buka lowongannya?

    trimo said:
    May 31, 2010 at 9:20 pm

    truz kariernya buat orang kaya saya dengan lulusan smk saja bisa tidak bukan jadi orang hygine ya!!!!

    sairun said:
    May 20, 2010 at 10:41 am

    alamat email pt. lumbung nasional flour mills atau alamat e-mail HRD

    Eli Setiawarna said:
    May 6, 2010 at 2:02 pm

    Kepada Yth,
    Bpk/Ibu Personalia
    Di Tempat.

    saya lulusan mesin ingin mengabdi di perusahaan yang Bpk/Ibu pimpin. besar harapan saya jika di beri kesempatan untuk wawancara. sekian dan terimakasih

      bakingnfood responded:
      May 6, 2010 at 3:41 pm

      Salah sambung Dik….:)

    sairun said:
    May 2, 2010 at 2:13 pm

    ada yang tau gak alamat tempat PT. LUMBUNG NASIONAL FLOUR MILL atau alamat E- Mail nya

      bakingnfood responded:
      May 2, 2010 at 5:05 pm

      Di Kawasan Industri MM2100 Cibitung Bekasi, Pak.

    apsaripuspita said:
    May 1, 2010 at 6:58 pm

    ngomong2 soal terigu, yg ingin saya tau, gimana cara menganalisa kadar protein yang terkandung dalam terigu tersebut. Boleh kasih tahu prosesnya tidak… saya perlu referensi tentang itu

      bakingnfood responded:
      May 1, 2010 at 9:49 pm

      Cara analisanya dengan metode Kjeldahl. Didistruksi kemudian distilasi dan titrasi kandungan N-nya yang dikonversi ke protein. Banyak alat yang sekarang memudahkan n mempercepat, a.l. merk Foss Protein Analyzer, ada juga merk Buchii.

    fadlan achmad said:
    April 9, 2010 at 7:43 pm

    alamat lengkapnya PT.CERESTAR yg di jakarta di mana….???

    Kadir said:
    February 2, 2010 at 9:01 am

    Saya tertarik untuk bergabung dengan PT. CERESTAR ciwandan..adakah imfo untuk lowongon kerja…?

      bakingnfood responded:
      February 2, 2010 at 10:44 am

      Maaf Pak Kadir.. saya tidak ada info n tidak ada hubungannya dengan Cerestar. Artikel ini hanya sekedar berbagi gambaran pabrik terigu di Indonesia. BTW thanks for visiting..

    Sharadin said:
    January 20, 2010 at 11:03 pm

    Mau tau Alamat Kantor Pusat Pemasaran / Pabrik PT. Berkat Indah Gemilang

      bakingnfood responded:
      January 21, 2010 at 8:46 am

      Duh..maaf sekali Bapak, saya tidak tau. Pernah muncul di berita kalau di karung terigu produksinya pun tidak dicantumkan alamat lengkapnya.

    alam said:
    January 6, 2010 at 9:18 pm

    ada yang tau alamat kantor pusat PT.Cerestar Flour Mills ga?

      bakingnfood responded:
      January 7, 2010 at 8:19 am

      Pak Alam.. alamat tepatnya kurang tau nih.. Hanya sepertinya di Jl. Raya Anyer Kec Ciwandan, Cilegon. Lokasinya bersebelahan dengan Pundi Kencana.

    novi said:
    November 9, 2009 at 4:49 pm

    eh..eh..udah kubaca niiih

      bakingnfood responded:
      November 9, 2009 at 8:50 pm

      Thanks for visiting yach….

Tuliskan pesan/komentar

