Membuat Mie

Posted on Updated on

Salah seorang teman di milis ada yang nanya jenis tepung apa yang cocok untuk membuat adonan mie. Jenis tepung yang bisa dipakai adalah tepung terigu yang proteinnya tinggi atau sedang. Bedanya bila pakai yang protein tinggi maka mie yang dihasilkan lebih kenyal sedangkan dengan terigu protein sedang hasilnya lebih lunak. Bisa juga dengan mencampurnya dengan perbandingan 50:50.
Pilihan merk terigu protein tinggi adalah Cakra Kembar, Kereta Kencana, Tali Emas, Kantil, dan Gerbang. Sedangkan merk terigu protein sedang antara lain Segitiga Biru, Gunung Bromo, Beruang Biru, Melati, dan Gunung.

Nah… berikut adalah resep standar membuat mie basah. Namanya juga standar jadi bisa dimodif sendiri. Yang wajib ada jelas terigu, air, n garam dong. Telur n air abu sifatnya optional.

Bahan- bahan :
1. Tepung terigu protein tinggi/sedang 500 gram
2. Garam 10 gram
3. Air abu 2 gram (bisa dihilangkan)
4. Air + 175 cc (bisa ditambah telur tapi jumlah air dikurangi dengan volume telur yang dipakai)

Cara membuatnya:
1. Timbang masing-masing bahan dengan tepat.
2. Larutkan air abu dan garam dalam air.
3. Tuang larutan tersebut ke dalam terigu, aduk hingga rata.
4. Tuang adonan ke dalam kantong plastik dan istirahatkan selama 10 menit.
5. Tipiskan adonan dengan mesin mie hingga mencapai ketebalan yang diinginkan.
6. Potong adonan dengan mesin mie sesuai selera.
7. Rebus dalam air mendidih hingga matang (+ 2 menit).
8. Angkat, siram dengan air dingin dan tiriskan.
9. Beri minyak goreng secukupnya, aduk hingga rata.
10. Selanjutnya mie siap untuk dimasak sesuai selera.

About these ads

14 thoughts on “Membuat Mie

    agus said:
    January 8, 2012 at 11:03 am

    mbak, Na2CO3 / K2CO3 itu dipakai semua dengan komposisi masing” brp.
    atau cukup Na2CO3 atau K2CO3 saja.

      bakingnfood responded:
      January 8, 2012 at 11:48 am

      Aturannya gak baku, perbandingan umumnya Na2CO3 dan K2CO3 1:1. Tapi ada juga yang memakai 3:1 atau 4:1

        lika said:
        January 30, 2012 at 5:04 pm

        Jika dilarutkan ke air berapa perbandingannya

        Thanks….

        bakingnfood responded:
        January 30, 2012 at 8:05 pm

        Sesuai resep, 2 gr dilarutkan ke 175ml air mbak Lika.

    suyuthi salim said:
    March 20, 2011 at 2:31 pm

    biasa jual air abu dimn?daerah bandung kok jarang jual….

      bakingnfood responded:
      March 20, 2011 at 6:54 pm

      Wah, kalau daerah Bandung saya gak tau Pak. Maaf… Tapi coba cari di toko bahan kimia, cari Na2CO3 / K2CO3 tapi yang food grade

    dani said:
    March 3, 2011 at 2:54 pm

    sy mau tnya, cara membuat air kie,atau dimana kalau mau beli

      bakingnfood responded:
      March 5, 2011 at 11:49 am

      Bisa dibuat dari larutan Na2CO3 dan K2CO3 atau kalau mau beli di toko bahan kimia, cari yang food grade.

    mee said:
    January 17, 2011 at 1:13 pm

    admin jadi air abu masih aman untuk mengenyalkan mie soalnya saya pake air abu tapi ada yang ngasih tau katanya tidak baik malah kalo di lab ntar bakalan kena
    jadi saya masih ragu untuk ke amanan air abu

    di tunggu penjelasannya

      bakingnfood responded:
      January 17, 2011 at 1:37 pm

      Kalau yang dimaksud air abu alami, aman. Tapi air abu yang kebanyakan di pasaran terdiri dari campuran garam alkali Na2CO3 dan K2CO3, ada juga yang menambahkan NaHPO3, NaHCO3, dan NaOH. Tentunya yang dipakai harus food grade ya. Untuk di lab, sebaiknya beli bahan kimia food gradenya, nanti dibuat sendiri larutannya. Dosisnya juga diatur ya….. sesuai GMP n safety food regulation.

    Opi said:
    November 20, 2009 at 10:03 am

    makasih juga, Mbak :).

    btw, sebetulnya apa sih resiko dari penggunaan air abu untuk mengenyalkan mie?

      bakingnfood responded:
      November 20, 2009 at 1:23 pm

      Fungsi air abu di pembuatan mie selain mengenyalkan juga sedikit memberikan warna kuning. Kalau secara kesehatan, bagaimanapun juga bahan kimia yang berlebihan tidaklah baik. Namun untuk resep ini jumlahnya masih dalam standar bahan yang diperbolehkan.

    Opi said:
    November 17, 2009 at 4:07 pm

    halo, Mbak… aku mau tanya dong… konon kan abu dipakai untuk membuat mie jadi lebih kenyal. ada gak sih alternatif lain untuk membuat mie yang sama kenyalnya dengan bahan non-kimiai?

    makasih banyak utk jawabannya ya :),
    Opi

      bakingnfood responded:
      November 17, 2009 at 9:15 pm

      Air abu memang untuk mengenyalkan. Alternatif alaminya pakai telur or kalau terigunya protein tinggi sudah lumayan kenyal kok.
      Thanks for visiting yaa…

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s