Martabak Manis Mini

Posted on Updated on

Martabak manis atau kue terang bulan ini dibentuk mini, sekaligus mencoba cetakan baru di rumah. Resep diambil dari Mbak Vivi Liong. Aku bikin separoh resep, jadi sekitar 15 buah.

Martabak Manis Mini

Bahan A:
– Tepung terigu protein sedang 250 gram
– Gula pasir 50 gram
– Vanili bubuk 1/2 sdt
– Garam 1/4 sdt (aku nggak pakai)
– Telur ayam 1 butir, kocok lepas
– Air/susu cair/santan 375 ml (aku pakai UHT)

Bahan B:
– Soda kue 1/2 sdt

Taburan:
– Gula pasir 25 gram
Olesan & Topping :
– Margarin/mentega 25 gram
– Keju cheddar/meisis atau sesuai selera

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan A lalu mixer hingga lembut. Diamkan selama 1 jam.
2. Panaskan loyang martabak yg telah dioles margarin tipis dengan api kecil, masukkan bahan B, kocok lagi dengan mixer.
3. Setelah cetakan panas, tuang 1 sendok sayur adonan, tekan bagian tengahnya dengan sendok sayur hingga membentuk pinggiran martabak, biarkan adonan mengeluarkan buih dan berlubang-lubang, taburi 1/2 sdt gula pasir lalu tutup loyangnya. Biarkan matang (gunakan api kecil agar martabak tidak gosong).
4. Sebelum diangkat dari cetakan, oles dengan margarin sedikit hingga rata. Angkat.
5. Taburi topping sesuai selera.

About these ads

23 thoughts on “Martabak Manis Mini

    yayuk tri rahayu said:
    December 2, 2012 at 1:28 pm

    saya bikin tapi selalu kurang pas

      bakingnfood responded:
      December 3, 2012 at 8:10 am

      Coba terus mbak Yayuk..semangat..:)

    arik pur vaida said:
    November 26, 2012 at 6:40 pm

    saya suda mencoba membuat martabak mini tp menurut saya masi kurang nglemis rasa merteganya gimana caranya ya mbak

      bakingnfood responded:
      November 27, 2012 at 3:21 pm

      Coba margarine diganti butter. Atau olesan di kulit sesudah matang, dibanyakin mbak..:)

    Alexxxx said:
    June 10, 2012 at 11:16 am

    terima kasih resepnya mbak,..
    izin nyobain resepny ya mbak…

    shanza said:
    June 6, 2012 at 6:19 pm

    apa kalau memakai susu cair, santan, atau air biasa hasilnya akan berbeda? dan apa perbedaan hasilnya?

      bakingnfood responded:
      June 8, 2012 at 8:06 am

      Beda mbak Shanza..akan beda di teksture atau kelembutannya.

    Dimas Surya Prayitna said:
    May 16, 2012 at 2:20 pm

    Bagaimana cara membuat Martabak yang super lezat?

      bakingnfood responded:
      May 17, 2012 at 8:22 pm

      Bisa uji coba resep dan trial mana yang pas Pak Dimas

    Rudy said:
    February 13, 2012 at 5:33 am

    Assalaamu’alaikum. Terimakasih atas resepnya mbak. Saya sudah mencobanya dan Alhamdulillaah hasilnya secara bentuk sudah berhasil & ada pori2nya/bolong2. Cuma kalau dirasakan lagi secara cermat yg saya bikin ini kok agak kurang kenyal & gurih gitu ya? Mungkin mbak ini bisa kasih masukan/saran penyebabnya dari apa? Oh ya sekalian saya mau tanya juga, apa yg dimaksud dengan UHT mbak? Kalau saya pakai air saja. Syukron katsiiron. Jazakallohu Khoir.

    devy said:
    December 26, 2011 at 6:50 pm

    mbak q pernah buat martabak mini q cm pakai baking powder g pake soda kue tapi kenapa ya kok g nyerat2 trus berlubang?apa ada yang salah???trims

      bakingnfood responded:
      December 28, 2011 at 10:51 am

      Biasanya berseratnya karena baking soda/soda kue mbak. Ada resep yang pakai 2-2nya. Ada juga resep mungkin ga pakai soda kue tapi pakai ragi instant.
      Kalau baking powder biasanya memang seratmya tidak bisa besar2.

        noviita said:
        January 4, 2012 at 7:48 am

        biar bisa berserat dikasih soda kue ato baking powder sist ?

        bakingnfood responded:
        January 5, 2012 at 9:02 am

        Menurut pengalaman saya, soda kue mbak.

    Deby said:
    August 15, 2011 at 1:17 pm

    loyangnya bisa didapat dimana mb?

      bakingnfood responded:
      August 15, 2011 at 1:42 pm

      Di toko peralatan rumah tangga ada kok mbak. Kalaupun beli online, googling aja dengan kata “loyang martabak mini”

    nia said:
    July 11, 2011 at 5:32 pm

    mbak knpa bahan A tersebut harus didiamkan selama 1 jam ???

    lia said:
    April 10, 2011 at 6:42 pm

    Maaf mbak aku mau pamit pake resep nya.Sis,apa cm pake soda kue martabak nya bs berserat&berlubang ‎​¥ä.kl pake baking poder sama gak sis.apa si beda nya!tlng info ‎​¥ä.thx

      bakingnfood responded:
      April 11, 2011 at 7:54 pm

      Silahkan Mbak. Yang saya coba bisa berlubang. Tapi ada juga resep yang dengan baking powder dan ragi instant.
      Ada yang nyoba pakai baking powder bisa Mbak.
      Mbak bisa jalan2 ke sini http://kuemamayo.com/2008/06/12/martabak-manis-mini/

    riaerfan said:
    January 18, 2011 at 7:51 am

    thanx resep martabak mininya…..

      bakingnfood responded:
      January 18, 2011 at 6:57 pm

      Sama2 Mbak….:)

    ale said:
    January 4, 2011 at 5:30 pm

    beda baking powder sama soda kue apa sih? trus, mixernya sampi berapa lama kira2?

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s