Roti Boy

Posted on Updated on

Masih penasaran dengan lembutnya tepung BLF, kali ini dicoba untuk membuat polo bun alias roti boy nama trend pasarnya. Renyahnya topping berpadu dengan keharuman butter saat dimakan hangat-hangat, hhhmmm… sungguh nikmatnya patut dicoba. Mertua lewat bakalan cuek deh…. (xixixi..)

Roti Boy
Sumber NCC dan cakefever.com, dengan modifikasi ala aku

Bahan:
• 250 gram tepung terigu protein tinggi
• 50 gram gula pasir
• 5 gram ragi instant
• ¼ sdt bread improver
• 2 butir kuning telur
• 120 ml susu UHT dingin
• ¼ sdt garam
• 100 gram butter

Bahan topping:
• 25 gram gula halus
• 25 gram gula palem
• 50 gram mentega
• 40 gram telur (telur dengan ukuran yang paling kecil atau ditimbang aja deh..)
• 65 gram terigu protein rendah (aku pakai 50 gram terigu protein sedang dan 15 gram maizena)
• 5 gram kopi instant + 1 sdm air panas
• 5 gram essence kopi (untuk lebih wanginya.. tapi aku nggak pakai)

Cara membuat topping:
Kocok mentega, gula, telur hingga lembut, masukkan tepung terigu, aduk rata, tuang kopi dan essence kopi, aduk rata lalu masukkan ke dalam plastik segitiga.

Cara membuat roti:
1. Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata.
2. Masukkan telur dan susu UHT sedikit demi sedikit, aduk dan uleni hingga rata.
3. Masukkan butter, uleni hingga agak kalis.
4. Masukkan dan garam, uleni lagi hingga adonan menjadi benar-benar kalis.
5. Istirahatkan adonan roti boy selama 10 menit.
6. Kempiskan dan bagi adonan roti boy @ 50 gram. Bulatkan.
7. Isi dengan butter beku. Setelah diisi, tutup, bulatkan lagi.
8. Biarkan mengembang lagi hingga 2 kali semula, sekitar 60 menit.
9. Setelah mengembang, semprotkan topping yang dimasukkan ke piping bag (plastik segitiga), semprotkan melingkar seperti obat nyamuk.
10. Panggang dengan suhu oven 180 C selama kurleb 20 menit atau hingga matang golden brown.
Hasil: 10 buah roti @ 50 gram

About these ads

2 thoughts on “Roti Boy

    Dian said:
    August 2, 2010 at 9:56 am

    Jeng..jeng..roti boy hasil bakinge sampeyan ini kategorinya berhasil atau tidak? soalnya pas liat di cakefever .com…kan banyak tuh yg bilang gak sukses..diantaranya..filling butternya yg akhirnaya mleber..dan juga toppingnya yg gak bisa kres..kres..alias mlempem…
    Sharingnya ditunggu ya..

    Suwun,
    Dian_Gresik

      bakingnfood responded:
      August 2, 2010 at 1:28 pm

      Menurut saya berhasil Mbak Dian, karena pas dimakan hangat gitu, toppingnya crispy n butternya melted, gak mbleber :)
      Cuman penampakannya kurang cantik kali ya? Soalnya toppingnya kurang rapat (belum canggih tangannya muterin piping bag). But overall puas….

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s