6 Tips Memilih Mixer Roti/Kue

Posted on Updated on

Banyak di antara kita, baik yang bakul kue rumahan, UKM, ataupun yang sekedar berhobi baking dihadapkan dalam kendala bagaimana memilih mixer. Posting ini sekedar panduan, dirangkum dari pengalaman pribadi n teman-teman. So, bagaimana sih tips atau kiat memilih mixer kue/roti ini?

Enam tips memilih mixer:
1. Pastikan tujuan kita membeli mixer.
Apakah mixer itu untuk menyalurkan hobi anda ber-baking ria, buat bakulan kue, atau bahkan mau buat industri yang lebih serius. Bagi yang hanya baking sesekali dalam sebulan, mungkin pilih yang “budget mixer” alias mixer murah meriah masih tidak masalah. Untuk yang serius bakulan tentunya diperlukan kualitas prima yang biasanya juga berharga tinggi. Bayangkan jika di sela-sela waktu harus memenuhi target/pesanan pelanggan, tiba-tiba mixer kita rusak. Harga sedikit lebih rendah di awal beli, jadi tidak sebanding dengan waktu, tenaga, n kesempatan yang harus dibuang bila ada kerusakan.

2. Tentukan untuk adonan apa dan jenis mixer
Mixer untuk adonan cake akan lain dengan mixer untuk roti. Meskipun pada dasarnya mixer didisain untuk bisa dipakai di adonan cake, cookies, dan roti dengan membedakan tipe pengaduknya, namun tetap saja si mixer ini punya kelebihan di satu produk. Kalau mixer diperuntukkan untuk aneka ragam produk kue/roti, tentukan produk yang lebih sering kita buat.

3. Tentukan kapasitas mixer
Kalkulasikan kapasitas mixer sesuai dengan jumlah adonan yang kita buat sehari-hari. Bila kita sudah merambah bisnis yang dalam sehari bisa membuat adonan @ 5 kg dalam 3 batch, maka tidak efisien jika kita membeli mixer dengan kapasitas hanya 2,5 kg dengan asumsi kita akan membuatnya dalam 6 batch. Tentukan kapasitas mixer 10-25% lebih besar dari kapasitas kita saat ini.

4. Siapkan budget atau biaya
Jika kita sudah punya angan-angan mixer apa yang akan dibeli, saatnya untuk menyiapkan dana untuk membelinya. Bila memang tujuan kita mixer bagus dengan harga lumayan, jangan bergeming bila ada yang menawarkan mixer harga murah namun melenceng dari 3 hal yang sudah kita tantukan di atas. Ada baiknya bersabar sedikit menunggu tabungan cukup atau bisa juga dengan cara kredit usaha. Sah-sah saja kan kalau berhutang untuk usaha? Bukan untuk hal yang konsumtif ini….he..he..

5. Lakukan review dan perbandingan
Setelah siap semua siap, mulailah mempelajari penawaran yang masuk. Bandingkan bukan saja dari segi harga namun kualitas. Untuk membandingkan juga harus sepadan. Jadi bandingkan mixer kapasitas 2 kg dengan yang sama-sama 2 kg. Cari tau info sebanyak-banyaknya, masukan dari yang sudah pernah menggunakan suatu jenis mixer akan sangat berguna dalam menentukan pilihan kita.

6. Belilah dari agen/supplier terpercaya dan pastikan ketersedian spare part serta pelayanan purna jualnya. Yang ini tak perlu diperjelas sudah jelas kan?

So.. happy hunting mixer yaa….

About these ads

4 thoughts on “6 Tips Memilih Mixer Roti/Kue

    RUDY said:
    September 9, 2012 at 10:30 pm

    kami menyediakan 2 jenis mixer,yaitu:mixer roti adonan pulen dan mixer bolu/cake.Dengan harga terjangkau.INFO LENGKAP ,silahkan kunjungi,http://binakaryatehnik.blogspot.com

    [...] Sumber Artikel : A Note of Baking and Food [...]

    mochamadnurahyani said:
    August 2, 2011 at 11:27 am

    Artikelnya bagus mbak/bu. Ohya saya mau menawarkan mixer roti murah buanget. Untuk lengkapnya silahkan klik Klik Disini

    Memilih Heavy Duty Mixer | A Note of Baking and Food said:
    October 22, 2010 at 3:11 pm

    [...] A Note of Baking and Food Skip to content HomeAbout ← 6 Tips Memilih Mixer Roti/Kue [...]

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s