Kue Pancong

Posted on

Lagi kehabisan ide bikin snack harian buat bekal sekolah n kudapan si kecil di rumah n kebetulan lagi bosen sama pukis, kue lumpur, martabak manis n pan cake, lha kok Bu Fat posting resep kue pancong ini di milis. Jadilah menu snack hari ini si kue pancong ini. Kue pancong ini khas Betawi rasanya, tapi kalau di Semarang dulu namanya gandhos. Ada juga yang menyebut bandros. Kelihatannya lain daerah lain namanya. Soal rasa, sama saja menurutku, bedanya adalah di teksture. Resep kue pancong ini hasilnya lebih kenyal, sedangkan gandhos yang aku kenal dulu lebih cair n lemes. Sama-sama enak dimakan panas-panas, hhhmm….
Berhubung gak punya cetakan kue pancong yang sama dengan cetakan pukis, aku berdayakan saja cetakan kue lumpur. Bisa juga pakai cetakan kue mini or poffertjes lhooo… Silahkan dicoba.

Kue Pancong
Penulis: Fatmah Bahalwan

Bahan:
- 250 gr tepung beras putih
- 250 gr kelapa, kupas, parut
- 1 sdt garam halus
- 650 ml santan (aku pakai 200 ml santan instan diencerkan menjadi 650 ml)
- 100 ml minyak goreng untuk polesan (aku gak pakai)

Cara membuatnya:
1. Campur tepung beras, kela parut dan garam menjadi satu.
2. Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
3. Panaskan cetakan kue pancong di atas api sedang.
4. Tuang adonan hingga penuh, tutup. Biarkan hingga matang.
5. Angkat selagi panas. Taburi gula pasir kasar bila suka (aku juga kasih taburan meises)

Hasil jadi kalau dengan cetakan kue lumpurku, sekitar 16 buah.

3 thoughts on “Kue Pancong

    fikrisu said:
    April 7, 2011 at 11:41 pm

    Nice article….sangat inspiratif. Good luck and salam kenal yach sob…by info mesin roti

    rismawati said:
    November 15, 2010 at 11:28 am

    salam kenal…
    iseng2 cr resep kue pancong saya nemu disini. ijin share & copi resep ya. saya jg lg cr altrnatif cemilan buat anak. thx bunda… :)

      bakingnfood responded:
      November 15, 2010 at 1:19 pm

      Silahkan… cantumkan saja sumber aslinya karena saya juga baru coba resep Bu Fat ini.

Tuliskan pesan/komentar

