lumbung flour mills

Mengenal Pabrik Terigu di Indonesia

Posted on Updated on

teriguMau lebaran nih… biasanya terigu jadi laris manis n kita-kita jadi belepotan terigu karena sibuk bikin kue kering n cake buat lebaran. Ngomongin terigu di Indonesia … orang selalu menyebut Bogasari produsennya. Emang sih dengan total kapasitas 15.900 ton giling gandum/hari n jumlah karyawan yang mencapai 4.000 orang, jadilah Bogasari industi terigu pertama n terbesar di Indonesia dan merupakan instalasi pabrik terigu dalam satu lokasi yang terbesar di dunia juga lho.
pabrik-teriguTapi ternyata gak banyak yang tau ya kalo industri terigu di Indonesia sekarang sudah berkembang pesat.
Berikut adalah pabrik terigu di Indonesia yang sekarang ada dengan kapasitas gilingnya masing-masing:
– PT Bogasari Flour Mills, Jakarta – 10.000 ton/hari
– PT Bogasari Flour Mills, Surabaya – 5.900 ton/hari
– PT Eastern Pearl Flour Mills, Makassar (dulu Berdikari Sari Utama FM) – 2.900 ton/hari
– PT Sriboga Ratu Raya Flour Mills, Semarang – 1.500 ton/hari
– PT Panganmas Inti Persada, Cilacap – 1.000 ton/hari
– PT Fugui Flour & Grain Indonesia, Gresik – 1.000 ton/hari

Yang di bawah ini belum jelas antara produksi or trader. Denger-denger ada produksinya juga meski kecil:
– PT Purnomo Sejati Flour Mills, Sidoarjo – …
– PT Berkat Indah Gemilang, Tangerang – …

Nah.. yang berikut ini masih proyek dan dijadwalkan mulai berproduksi tahun depan, dengan kapasitas giling 500-1.000 ton gandum/hari:
– PT Pundi Kencana, Cilegon
– PT Cerestar Flour Mills, Cilegon
– PT Lumbung Nasional Flour Mill, Bekasi

Yang ini, sudah mengantongi ijin sejak 2005, tapi belum terdengar kabarnya (maafkan kalo ternyata sayanya yang kuper n belum updated):
– PT Asia Raya, Jawa Timur
– PT Kwala Intan New Grain, Medan

Kabar baiknya buat para pengguna terigu, industri makanan berbasis terigu, mereka bisa memilih terigu mana yang pas n sesuai dengan kebutuhannya. Bagi pabrik terigu sendiri pastilah akan berlomba-lomba untuk konsisten dalam kualitas dengan harga terjangkau. Bagi industri terigu Indonesia tentunya mengurangi impor terigu. Bagi profesional/praktisi di industri terigu, kesempatan kerja n karir pun bertambah. Nah, ternyata banyak pihak yang diuntungkan ya? Insya Allah… Semoga makin maju deh perteriguan di Indonesia.