Mengenal Yoghurt

Posted on

Jengah minum yoghurt karena takut gemuk? Karena yoghurt adalah produk olahan dari susu? Eits… tunggu dulu… bagi perempuan yang rentan terhadap osteoporosis n gak suka minum susu, mungkin yoghurt ini bisa jadi pilihan lho, mengingat sekarang yoghurt tampil dengan aneka rasa dan bentuk, dari rasa buah-buahan dan sejenisnya hingga bentuk frozen yoghurt (fro-yo) yang lagi trend di Jakarta.

Ya, yoghurt memang terbuat dari susu. Susu difermentasi dengan bantuan mikroba dan diperolehlah perubahan tekstur susu yang awalnya cair menjadi yoghurt yang agak kental. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mikroba yang berperan dalam pembentukan yoghurt tersebut adalah golongan mikroba penghasil asam laktat, yaitu Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus burgaricus. Jadi, yoghurt bisa dibuat dari susu, kapan saja dan di mana saja, asalkan bakteri yang bertugas dalam proses fermentasi tersebut ada.

Lalu apakah yohurt punya khasiat yang sama dengan susu? Hasil penelitian menyimpulkan bahwa khasiat yoghurt ternyata jauh lebih baik dari susu dikarenakan proses fermentasi ini. Selain tetap memiliki kalsium susu, kandungan vitamin dalam yoghurt lebih tinggi, terutama Vitamin B kompleks, asam folat, asam pantotenat, dan biotin. Manfaat lainnya, bakteri baik (bakteri asam laktat) yang ada dalam yoghurt justru membantu keseimbangan mikroflora dalam usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar. Laktosa (gula susu) yang menjadi biang penyebab diare pada penderita lactose intolerance, di dalam yoghurt sudah diuraikan menjadi gula-gula yang lebih sederhana.

Jadi, jangan ragu beralih ke yoghurt untuk mendapatkan asupan kalsium plus khasiat lain yang tidak ada dalam segelas susu.

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s