Baking Soda – Baking Powder, The Science Behind…. (part 2)

Posted on

Pemakaian Dalam Resep

Ada resep menggunakan baking soda, sedangkan resep lain menulis baking powder. Mana bahan pengembang yang dipilih adalah didasarkan bahan lain yang ada dalam resep. Targetnya adalah gimana menghasilkan produk yang yummy rasanya n bagus teksturnya. Baking soda adalah basa, dia menimbulkan efek rasa sedikit pahit kecuali dipertemukan dengan suasana asam dari bahan lain, seperti buttermilk. Baking soda biasanya dipakai dalam resep kue kering. Baking powder terdiri dari asam n basa, jadi memiliki efek menetralkan termasuk dalam soal rasa. Resep yang memakai baking powder juga sering menggunakan bahan yang bisa menetralkan rasa seperti misalnya susu. Baking powder biasa digunakan dalam resep cake.

Subtitusi dalam Resep

Baking soda dapat diganti dengan baking powder (catatan: Kita jadi perlu lebih banyak baking powder yang bisa mempengaruhi rasa). Namun kita tidak bisa memakai baking soda untuk mengganti baking powder. Baking soda bersifat basa so kurang sifat keasamannya untuk bisa menaikkan (mengembangkan) cake. Kita bisa lho bikin baking powder sendiri dengan baking soda dan cream of tartar. Caranya adalah campurkan merata cream of tartar dan baking soda dengan perbandingan 2:1.

Kalo resepnya memakai baking powder n baking soda maka yang lebih bekerja sebagai bahan pengembang adalah baking powdernya. Baking soda ditambahkan untuk menetralkan asam dalam resep n menambah lembut n juga sedikit mengembangkan. Pastikan baking powder or baking soda ini homogen dalam adonan, caranya ayak or campurkan dengan bahan kering yang lain. Biasanya diayak bersama-sama dengan terigu. Kebanyakan (alias over dosis) baking powder menimbulkan rasa pahit, cake naik/mengembang dengan cepat tapi kemudian kempes. Gelembung udara dalam adonan membesar n pecah, mengakibatkan cake kempes. Bila baking powder terlalu sedikit, cakenya jadi bantat deh… (volume kecil, gak ngembang n padat).

Baca juga tentang ini tapi yang bagian 1-nya yaa….

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s