English Fruit Cake

Posted on Updated on

Meski gak ngerayain Natal, tergelitik nih buat praktekkin lagi English Fruit Cake. Duluuu sekali pernah coba, really fruit with cake bukan cake with fruit. Ngubek-ubek arsip lama gak ketemu, keselip di mana yaa.., akhirnya hunting di internet nemu yang ini nih. Ternyata hasilnya oke juga tuh… English Fruit Cake buat yang tidak menyukai aroma spices (kayu manis, cengkeh, dan sejenisnya).

Resep, sumber dari food.detik.com, dengan modifikasi ala aku.

English Fruit Cake
English Fruit Cake

Bahan:
– 180 g putih telur ayam
– 90 g gula bubuk (aku pakai gula pasir) –> gula pasir I
– 265 g mentega tawar (aku pakai 215 gram blue band margarine)
– 115 g gula pasir –> gula pasir II
– 10 g esens lemon (aku pakai jeruk mandarin juice Buavita)
– 10 g esens vanilla
– 120 g kuning telur ayam
– 120 g kacang walnut, cincang (aku pakai 50 gram almond cincang)
– 60 g kismis (aku pakai 200 gr kismis)
– 200 g mixed peel (sukade)
– 65 g dark couverture chocolate, potong kecil (aku hilangkan alias gak pakai)
– 285 g tepung terigu protein sedang

Cara membuat:
1. Kocok putih telur dan gula pasir I hingga kental dan kaku. Sisihkan.
2. Kocok margarine dan gula pasir II hingga lembut.
3. Masukkan esens, kocok rata.
4. Tambahkan kuning telur satu per satu sambil kocok hingga pucat warnanya.
5. Masukkan bahan-bahan kering, aduk rata. Masukkan tepung terig, aduk rata.
6. Masukkan putih telur kocok ke dalam adonan, aduk hingga rata.
7. Tuang ke dalam loyang yang sudah disemir mentega. Ratakan.
8. Panggang dalam oven panas 180 C selama 30 menit. (Aku dengan oven suhu 170 C selama 1 jam).
9. Angkat dan dinginkan.
Untuk 1 loyang ukuran 22 cm x 22 cm, –> aku jadi 1 loyang ukuran 20x8x6 cm dan 2 loyang 15x9x5 cm.

Sebagai sentuhan akhir, cake bisa ditaburi dengan gula bubuk yang dicampur dengan sedikit kayu manis bubuk.

Tips agar buah, kismis, mixed peel/sukade tidak turun, biasanya campuran buah yang dipakai direndam dalam rhum selama minimal 1 jam or lebih bagusnya 24 jam, tapi aku pakai cara dicuci trus direndam dengan juice apelnya Buavita (bisa direndam air biasa aja) selama 24 jam.

One thought on “English Fruit Cake

    Boiled Fruit Cake | A Note of Baking and Food said:
    September 8, 2010 at 9:34 am

    […] makanya meski dengan termehek-mehek tetap saja kukuatkan membuatnya demi Ibunda. Pernah nyoba english fruit cake dan simple english fruit cake. Kali ini pengin nyoba resep yang dicoba oleh Putu Rea, resep asli […]

Tuliskan pesan/komentar

