KBB#15: Mud Cake Cookies Sandwiches

Posted on Updated on

Sudah lama sebenarnya aku ngintipin blognya Klub Berani Baking (KBB), tapi karena lihat peraturannya, jadi ga pede memenuhin tantangannya. Secara waktu itu diriku lagi hamil muda n morning (all whole day, xixi…) sick berat. Naah.. baru deh saat baby dah lebih dari 6 bulan, November lalu aku melayangkan lamaran menjadi anggota KBB, n awal Desember diminta konfirmasi n itupun masih waiting list. Wuaaa… oke deh.. diriku siap mengerjakan tantangan-tantangannya hingga resmi jadi anggota KBB.
Hingga datanglah “surat cinta” pertama untuk mengerjakan tantangan KBB#15 – Mud Cake Cookies Sandwiches. Hhmmm.. siapa takut?

KBB#15 – Mud Cake Cookies Sandwiches

Source: The AWW: Cupcakes, Cheesecakes, Cookies. 2008
Makes 24.

Ingredients:
• 250g butter, softened
• 330g firmly packed brown sugar (aku pakai palm sugar)
• 2 eggs
• 450g plain flour (aku pakai terigu protein sedang)
• 75g self-raising flour (aku pakai 75 gram terigu protein sedang plus 1/4 sdt baking powder)
• 50g cocoa powder
• 2 Tbs cocoa powder, extra

Chocolate Mud Cake
Ingredients chocolate mud cake
• 150g butter, chopped
• 100g dark eating chocolate, chopped coarsely
• 220g caster sugar
• 125ml water
• 2 Tbs coffee liqueur (aku pakai ¼ sdt coklat ditambah 2 sdt kopi instan dilarutkan dalam 2 sdm air panas).
• 150 gr plain flour (aku pakai terigu protein sedang)
• 2 tbs cocoa powder
• 2 egg yolks
Direction to make chocolate mud cake
1. Combine butter, chocolate, sugar the water and liqueur in small saucepan.
2. Stir over low heat until smooth.
3. Place mixture in medium bowl; cool 10 minutes.
4. Whisk in sifted flour and cocoa, then egg yolks.
5. Divide mixture among pans.
6. Bake about 25 minutes.
7. Cool cake in pans.
8. Using 6.5cm round cutter, cut 12 rounds from each cake.

Chocolate Ganache
Ingredients chocolate ganache
• 80ml cream
• 200g dark eating chocolate, chopped coarsely
Direction to make chocolate ganache
1. Bring cream to a boil in small saucepan; remove from heat.
2. Add chocolate; stir until smooth.
3. Refrigerate until spreadable.

Direction to make Mud Cake Cookies Sandwiches
1. Preheat oven to 170C/150C fan-forced. Grease two 20cm x 30cm lamington pans; line with a strip of baking paper, extending paper 2cm above edges of pans.
2. Make chocolate mud cake.
3. Make chocolate ganache.
4. Beat butter, sugar and eggs in small bowl with electric mixer until combined. Transfer mixture to large bowl; stir in sifted flours and cocoa, in two batches. Knead dough on floured surface until smooth; divide in half, roll each portion between sheets of baking paper until 5mm thick. Cover; refrigerate 30 minutes.
5. Preheat the oven to 180C/160C fan-forced. Grease oven trays; line with baking paper.
6. Using 6.5mm round cutter, cut 48 rounds from dough. Place about 3cm apart on oven trays. Bake about 12 minutes. Cool on wire racks.
7. Spread ganache onto underside of cookies; sandwich a mud cake round between two cookies.
8. Using heart template, dust cookies with extra cocoa.

Laporannya:
Pendahuluan, aku baca resep, istilah yang baru buat aku yaitu lamington pans. Search sana-sini, akhirnya dapet jawaban kalo lamington pans itu loyang yang rendah, tingginya sekitar 3,5 cm. Okay… trus lanjut, upps, coffee liqueur…. Bukan termasuk bahan yang halal, jadi aku ganti dengan ¼ sdt coklat ditambah 2 sdt kopi instan dilarutkan dalam 2 sdm air panas. Trus baca resep mud cake-nya, kok gulanya banyak banget, 46% lebih banyak dari tepung, jadi mau aku samain aja beratnya dengan berat tepung.

Langkahnya aku bikin yang cookiesnya dulu, pagi-pagi langsung siapain perlengkapan n timbang bahan, campur trus dimasukkin ke kulkas dulu. Prosedur sih cuman 30 menit, tapi maklum lah.. Minggu pagi disambi mandiin anak n bikin sarapan, jadilah 2 jam-an ada di kulkas. Cari-cari cutter jadi-jadian yang kira-kira bisa dipakai tapi gak nemu, akhirnya pakai cutter bentuk bunga yang diameter-nya juga 6 cm-an. Aku bikin cuma setengah resep, bisa jadi tepat 24 cookies tuh. Sakti ya? He..he.. Tadinya aku kira si cookies ketinggian, tapi kok jadinya sesuai ukuran ya? Jadi aku positive thinking aja kalo itu sudah bener.

Lanjut ke mud cake-nya. Ternyata aku kelupaan ngurangin berat gula yang aku pakai (aku gak pakai brown sugar, cuman nemu palm sugar di sini). Yach…. Jadilah cake yang emang moist, tapi muaniiiis banget. Mud cake-ku gak cantik jadinya. Masih terlihat ada sedikit butiran gula yang gak larut di top cake, juga kulit atas agak keangkat. Aku pakai loyang ukuran 20x20x4, cake-nya ketinggian kalo disandwichkan dengan cookiesnya. Tapi berhubung ada bagian atas cake yang keangkat, jadilah aku pakai separo dari ketebalan cakenya. Waaw.. itupun cookies sandwich masih tinggi deh.

Waktu manggang mud cake, ganache dibikin. Ga da masalah berarti. Cuman setelah masuk kulkas kok malah terlalu kental ya menurutku?

Ini penampakan Mud Cake Cookies Sandwiches-nya.

KBB#15 - Mud Cake Cookies Sandwich
KBB#15 - Mud Cake Cookies Sandwich

Aku pakai template bunga buat dusting coklat bubuk-nya. Setelah diinapkan semalam, rasanya ternyata lebih mantap.. meski lain kali kalo bikin lagi, rasa manis mud cake-nya perlu disesuaikan. Berhubung cookies sandwichnya tinggi jadi cara nggigitnya musti buka mulut lebar-lebar, he..he.. Aku trick dengan memotongnya jadi empat bagian.

Hhhm… lega n puas rasanya menyelesaikan tantangan KBB kali ini. Gak sabar nunggu surat cinta berikutnya deh.

Daan… Alhamdulillaah…. ini tanda lulusnya.

5 thoughts on “KBB#15: Mud Cake Cookies Sandwiches

    diene said:
    February 23, 2010 at 8:17 pm

    eeeeeeeeeeemmmmmmmmmmmmmm…………….
    ennnaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkk…………
    bagi dooooooooooooooonnnnnnnnnnkkk…..apa lg coklatnya

    inayah said:
    February 7, 2010 at 11:31 am

    selamat bergabung di KBB, salam

      bakingnfood responded:
      February 8, 2010 at 8:18 am

      Thanks In.. salam kenal yach…

    Arfi said:
    February 1, 2010 at 6:22 am

    hihihi.. pantesan mangapnya musti lebar ya hiyakakakkk… tinggi kukisnya ternyata. dah habis kah kuenya?

      bakingnfood responded:
      February 1, 2010 at 8:06 am

      Hihi.. iya nih. Mistarku gak calibrated apa ya? Tadinya dak keukur 5 mm, taunya kok mumbul. Jadi gak pede lagi nee.. Dah habis seminggu habis baking itu.

Tuliskan pesan/komentar

