KBB#16 – Chiffon Cake

Posted on Updated on

Kalau nggak gara-gara tantangan KBB (Klub Berani Baking) kali ini, aku pastilah belum pernah baking chiffon cake sendiri di rumah. Lihat resepnya aja rasanya ribet. Tapi ya namanya tantangan… siapa takut? Kejar-kejaran dengan waktu, yang hanya punya 4 hari libur alias weekend, dah gitu sempet gagal waktu buat chocolate chiffon cake. Hhmmm… pengalaman pertama yang tak menyenangkan. Akhirnya di minggu terakhir ini, sukseslah tantangan ini kuhadapi.

Ini resepnya, aku ambil dari Cheese Chiffon Cake-nya Riana, sengaja gak modifikasi dulu, demi mengetahui kalau ada salah n gagalnya nanti. Cream of tartar aku skip, n aku tidak pakai olesan butter n taburan keju parut, karena chiffon cake sudah laris manis sebelum ditopping, hihi…. Manisnya yang mild, pas sekali buat kami sekeluarga.

Cheese Chiffon Cake

Source: Seri Masak Femina Primarasa – Cake Istimewa Semua Yummy
http://pennylanekitchen.blogsome.com/2005/09/15/cheese-chiffon-cake/

Bahan:

  • 150 g terigu protein rendah
  • 100 g keju cheddar, parut
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 100 g gula kastor
  • 100 ml minyak goreng
  • 100 ml susu cair (aku pakai UHT)
  • 5 kuning telur
  • 7 putih telur

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven pada 180 derajat Celcius (tergantung oven masing-masing, aku pakai 175 C). Siapkan loyang chiffon diameter 24 cm (aku pakai yang 22 cm). Jangan olesi bagian dalamnya dengan minyak/margarin.
  2. Ayak terigu bersama-sama dengan soda kue dan baking powder. Campur ayakan terigu dengan keju parut, garam, dan 2 sdm gula kastor, aduk rata. Buat lubang di tengah campuran tepung, tuangi minyak goreng, susu dan kuning telur. Aduk dengan pengocok kawat hingga licin, sisihkan.
  3. Kocok putih telur dengan mikser berkecepatan sedang hingga berbusa, masukkan sisa gula dalam beberapa tahapan. Kocok hingga putih telur membentuk ujung yang tumpul waktu mikser diangkat.
  4. Masukkan putih telur dalam beberapa tahapan ke dalam adonan tepung, aduk perlahan hingga rata. Perciki bagian dalam loyang dengan air masak.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang. Masukkan dalam oven, panggang hingga matang (kurleb 70 menit). Tandanya tidak ada sisa adonan yang menempel ketika ditusuk dengan lidi. Keluarkan kue dari oven, segera balikkan loyang hingga kue benar-benar dingin (kurleb 1,5 jam). Keluarkan kue dari loyang dengan bantuan spatula/pisau panjang.
  6. Balikkan kue di rak kawat, balik sekali lagi ke piring saji sehingga bagian atas kue tetap di atas.
  7. Cheese Chiffon Cake

    Sepertinya sekarang dah gak males lagi deh buat baking chiffon cake.. lain kali coba lagiii ah…… Apalagi sepertinya hasil kali ini agak retak di permukaannya. Mungkin dari suhu ovenku yang belum match untuk baking chiffon.

    Alhamdulillaaah… ini tanda lulusnya…

3 thoughts on “KBB#16 – Chiffon Cake

    […] n silahkan coba juga chiffon keju, chiffon apel, n chiffon labu […]

    Chiffon Labu Kuning « A Note of Baking and Food said:
    April 19, 2010 at 10:43 am

    […] 19, 2010 · Leave a Comment Kecanduan bikin chiffon, setelah sebelumnya bikin chiffon keju n chiffon apel, serta mau ngramein Chiffon Week NCC lagi , hari Minggu kemarin bikin Chiffon Labu […]

    sherry said:
    April 5, 2010 at 5:00 pm

    akhirnya bikin juga judulnya ya mbak, hmmm mantaf, pasti enak….

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s