Tips Sukses Membuat Chiffon Cake

Posted on Updated on

Penampakan chiffon pertamaku yang gagal, sudah melorot sendiri waktu 10 menit dibalikkan.....

Hasil browsing n berguru sana-sini ditambah pengalaman pribadi, aku sarikan tips sukses membuat chiffon cake.
– Pastikan wadah tempat putih telur bersih, dan bebas minyak atau air. Putih telur jangan sampai kecipratan air.
– Kocok putih telur hingga soft peak (kaku tapi jangan yang kaku banget). Cirinya kalau wadah adonan dibalikkan, adonannya gak tumpah. Sebenarnya gak masalah alias chiffon-nya gak bakalan bantat kalau dikocok hingga hard peak, tapi hasil akhir teksture terasa lebih kering n kurang moist menurutku.

Ini penampakan teksture yang berbutir-butir, kuning telur menggumpal
Chiffon yang atasnya kepentok atas oven, hihi... salah pilih rak..

– Waktu nyampur adonan putih telur n kuning telurnya, lakukan bertahap, aduk adonan perlahan tapi pasti, hingga terjadi adonan yang ringan .
– Jangan poles loyang chiffon cake dengan mentega ataupun bahan lain, biarkan saja polos bersih.
– Kalau ragu loyangnya akan bocor, bungkus bagian bawah loyang dengan alumunium foil. Atau loyang dipanasi dulu dalam oven, jadi waktu adonan dituang sudah langsung mengental bagian bawahnya karena panas.
– Gunakan suhu oven 150 oC dengan waktu panggang 90 menit. Ntar kalau sudah ahli bisa deh diakalin dengan 150 oC di 45-50 menit pertama trus naikkan ke 180 oC n panggang selama 15 menit (ngirit waktu, gas or listrik.. he..he..). Ngecek matangnya jangan pakai tes tusuk, tapi dipegang aja permukaannya kalau sudah membal n gak berbunyi cess, sudah oke.
– Ketika chiffon cake sudah matang, keluarkan dari oven lalu segera balik. Kalau pakai loyang chiffon jadul (seperti punyaku) harus dibalik di leher botol, tapi kalau loyang chiffonnya sudah terkini, loyangnya sudah berkaki, cukup balik aja n biarkan dia bertumpu pada kakinya.
– Setelah dingin, dengan hati-hati gunakan pisau tumpul untuk mengerik bagian pinggir cake supaya mudah lepas dari loyangnya.

Naa.. kalau yang ini.. bolehlah...., meski masih perlu koreksi

5 thoughts on “Tips Sukses Membuat Chiffon Cake

    inge said:
    January 3, 2013 at 3:53 pm

    Hai salam kenal..saya jg sdg mencoba m”buat chiffone cake pandan dengan resep ibu Fatmah hasilnya : rasanya ok tp penampakannya gak gitu bgs hehe..yg mau saya tanyakan waktu bakingnya kl sesuai resep itu lama 90 menit suhu 150 tapi saya hanya 60 menit krn saya cek sdh matang. Tp pada saat dikeluarkan dari oven jadi mengkerut pdhal di dalam oven sdh mengembang sempurna…apa krn waktu memanggang kurang lama ya? …tx infonya

      bakingnfood responded:
      January 4, 2013 at 8:17 am

      Salam kenal balik mba Inge.. Berdasarkan pengalaman saya, iya… chiffon cake mengkerut itu salah satu sebabnya adalah waktu pemanggangan kurang lama. Sebaiknya pakai suhu rendah tapi lebih lama, daripada suhu lebih tinggi dan waktu cepat, agar matangnya sempurna. Saran saya, suhu diturunkan dan waktu dilamain. Selamat mencoba lagi ya Mbak…:)

    Susan Saraswati said:
    December 6, 2012 at 8:39 pm

    Hi! Mau nanya saran..aku bikin chiffon cake kenapa kulit luarnya lengket dengan loyang dan copot dari kuenya ya? jadi Chiffon cake aku gundul gt tanpa kulit. Ada yang tahu kenapa? thanks

      bakingnfood responded:
      December 8, 2012 at 8:22 am

      Mbak Susan…kulit luar lengket sehingga chiffon gundul, kemungkinannnya adalah dalam proses pemanggangan, kulit luarnya belum cukup kering. Coba ditambah 5-10 menit waktu memanggangnya.

    prabowo said:
    May 8, 2010 at 8:21 pm

    bagus juga tips tentang chiffon cake, sebenarnya mudah membuat chiffon, yang utama adalah cara menyampur adonan 1: terigu,santan,minyak sayur, kuning telor,sebagian gula pasir,pewarna harus rata. kedua 2; proses mixing putih telor, cream of tar-tar dan gula pasir (gula bertahap) mixer hingga kental.cream,putih,tidak boleh ada cairan sedikit pun (putih telor hrs bersih dari kuning telor) selanjutnya tinggal pencampuran antara bahan I dan 2.dg spatula. gampangkan….salam Prabowo.

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s