Martabak Manis Mini

Martabak manis atau kue terang bulan ini dibentuk mini, sekaligus mencoba cetakan baru di rumah. Resep diambil dari Mbak Vivi Liong. Aku bikin separoh resep, jadi sekitar 15 buah.

Martabak Manis Mini

Bahan A:
– Tepung terigu protein sedang 250 gram
– Gula pasir 50 gram
– Vanili bubuk 1/2 sdt
– Garam 1/4 sdt (aku nggak pakai)
– Telur ayam 1 butir, kocok lepas
– Air/susu cair/santan 375 ml (aku pakai UHT)

Bahan B:
– Soda kue 1/2 sdt

Taburan:
– Gula pasir 25 gram
Olesan & Topping :
– Margarin/mentega 25 gram
– Keju cheddar/meisis atau sesuai selera

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan A lalu mixer hingga lembut. Diamkan selama 1 jam.
2. Panaskan loyang martabak yg telah dioles margarin tipis dengan api kecil, masukkan bahan B, kocok lagi dengan mixer.
3. Setelah cetakan panas, tuang 1 sendok sayur adonan, tekan bagian tengahnya dengan sendok sayur hingga membentuk pinggiran martabak, biarkan adonan mengeluarkan buih dan berlubang-lubang, taburi 1/2 sdt gula pasir lalu tutup loyangnya. Biarkan matang (gunakan api kecil agar martabak tidak gosong).
4. Sebelum diangkat dari cetakan, oles dengan margarin sedikit hingga rata. Angkat.
5. Taburi topping sesuai selera.

Advertisements

23 responses to “Martabak Manis Mini

  1. saya suda mencoba membuat martabak mini tp menurut saya masi kurang nglemis rasa merteganya gimana caranya ya mbak

  2. apa kalau memakai susu cair, santan, atau air biasa hasilnya akan berbeda? dan apa perbedaan hasilnya?

  3. Assalaamu’alaikum. Terimakasih atas resepnya mbak. Saya sudah mencobanya dan Alhamdulillaah hasilnya secara bentuk sudah berhasil & ada pori2nya/bolong2. Cuma kalau dirasakan lagi secara cermat yg saya bikin ini kok agak kurang kenyal & gurih gitu ya? Mungkin mbak ini bisa kasih masukan/saran penyebabnya dari apa? Oh ya sekalian saya mau tanya juga, apa yg dimaksud dengan UHT mbak? Kalau saya pakai air saja. Syukron katsiiron. Jazakallohu Khoir.

  4. mbak q pernah buat martabak mini q cm pakai baking powder g pake soda kue tapi kenapa ya kok g nyerat2 trus berlubang?apa ada yang salah???trims

    • Biasanya berseratnya karena baking soda/soda kue mbak. Ada resep yang pakai 2-2nya. Ada juga resep mungkin ga pakai soda kue tapi pakai ragi instant.
      Kalau baking powder biasanya memang seratmya tidak bisa besar2.

    • Di toko peralatan rumah tangga ada kok mbak. Kalaupun beli online, googling aja dengan kata “loyang martabak mini”

  5. Maaf mbak aku mau pamit pake resep nya.Sis,apa cm pake soda kue martabak nya bs berserat&berlubang ‎​¥ä.kl pake baking poder sama gak sis.apa si beda nya!tlng info ‎​¥ä.thx

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s