Gagalnya CCC (Cheddar Cheese Cake) in Cup

Posted on Updated on

Kelihatannya cantik tapi kalau teliti melihatnya akan ketahuan deh cacatnya di mana....

Penasaran dengan yang satu ini, akhirnya aku praktek bikin Cheddar Cheese Cake (CCC) di cup, tapi gak sukses. Jangan tertipu dengan penampakan di foto yaaa… Cakenya sendiri tetep lembut n nggak bantat, tapi wajahnya itu lho, gak cantik. Cakenya turun. Kegagalannya: waktu dioven naik tinggi kemudian pecah, waktu panggang lamaaaaa banget, sekitar 2 jam-an. Nah lho.. apa nggak boros tuh.
Kesalahanku adalah saat pemanggangan. Aku pakai oven listrik alias otrik. Aku panggang di rak tengah dengan teknik au bain marienya yang beda. Aku baca di salah satu blog (lupa) n dia sukses. Jadi di rak paling bawah diletakkan Loyang diisi air trus manggangnya di rak tengah dengan cara biasa. Suhu 180 derajat Celcius. Tapi ternyata cup cake belum matang, air dah habis. Pas nambah air lagi, malah bikin cakenya mumbul tinggi n pecah. Turun lagi sih tapi sudah tak cantiklah.

Kebetulan lagi ada yang membahas CCC in cup ini di milis NCC, dapat tips dari teman-teman. Aku catat dulu deh di sini, pengin nyoba lagi, semoga berhasil.

Tips dari Alzena:
Aku juga pake Otrik, waktu pemanggangan sesuai resep, sekitar 50 menit. Kalau aku, rak aku pindah ke paling bawah, pakai api atas bawah, 160 derajat. Lalu, proses au bain marie-nya, loyang diisi air lalu diletakkan cup-cupnya. Jadi cup terendam (sedikit) air. Bukan dipisah. Kalau atasnya hampir golden brown biasanya 5 menit terakhir pakai api atas.

Tips dari Tari:
Kemarin itu saya bikin CCC 1 resep, bikinnya di cup alufoil, trus kelebihan, sisanya ngantri.. Hasilnya bagus kok.. Gapapa jadinya kalau adonan mau diantri.. Pengalamanku sih diantri kurleb 60 menit.

Tips dari Afi:
• Mengenai CCC di cup kemarin saya isinya hampir penuh walau tidak penuh sekali. Bagus memang, tapi setelah dingin agak turun sedikit…saya pakai oven gas di rak atas dengan waktu kurleb tidak sampai 30 menit ( gak pasti persisnya).
• Kalau yang saya buat di loyang besar saya lebih suka di ovtrik…di rak tengah…30 menit pertama saya pakai suhu 170 drj Cel dengan api bawah kemudian suhu diturunkan 150 drj Cel dengan api atas bawah untuk sisa waktunya. Kemarin sih saya perlu waktu 60 – 75 menit sampai matang.

Tuliskan pesan/komentar

