KBB#17 – Savoury Bake

Posted on Updated on

Rasanya seperti dikejar waktu deh ngerjain tantangan ini. Kepinginnya bikin puff pastry sendiri, tapi apalah daya waktunya rebutan sama baby. Jadilah pakai yang ready made. Terasa menantang karena pada dasarnya kalau produk baking di rumah itu selalu sweet goods, savoury nggak pernah tersentuh karena tidak ada penggemar. Tapi..namanya juga tantangan jadi musti dikerjain meski akhirnya bikin dalam jumlah sedikit.
Resep ini aku namain “Chicken Carrot Lattice Pastry”. Puff pastry ready made-nya aku beli di Hypermart. Isiannya resep mix n match, uplek n dikira-kira sendiri, dari bahan daging ayam, wortel, keju, daun bawang (mestinya, tapi ternyata nggak ada stock di kulkas) dengan bumbu bawang bombay, bawang putih, n merica. Cara masak isiannya ditumis dengan margarine.
Lembaran pastry aku potong sesuai petunjuk Surat Tjintah KBB#17, ukuran 5×15 cm, aku bikin untuk 4 pasang, tapi lattice alias anyamannya hasil improvisasi n coba aneka rupa. Seninya bikin lattice ini emang jadi serasa menganyam seperti duluuuu waktu masih SD.

Chicken Carrot Lattice Pastry

Bahan-bahan:
• 1 sdm margarine, untuk menumis isi
• 250 gr puff pastry siap pakai
• 100 gr daging ayam, potong kecil-kecil
• 100 gr wortel, potong kecil-kecil
• 2 cube keju (aku pakai Belcube)
• 1 batang daun bawang, iris kecil-kecil
• merica secukupnya
• keju diparut secukupnya

Cara pembuatan:
Pembuatan bahan isi (savoury):
1. Panaskan wajan, masukkan 1 sdm margarine untuk menumis.
2. Masukkan daging ayam, wortel, tumis. Tambahkan sedikit kaldu/air bila perlu untuk mematangkan.
3. Bubuhkan merica secukupnya.
4. Masukkan keju cube yang dipotong kecil dan irisan daun bawang.
5. Masak hingga matang dan meresap buat agak kering.


Pembuatan lattice pastry:
1. Giling pastry hingga tipis di meja yang sudah ditaburi dengan sedikit tepung.
2. Potong-potong menjadi 8 buah persegi panjang, masing-masing berukuran 15 x 5 cm.
3. Taruh potongan pastry di loyang dan bila perlu dinginkan di lemari pendingin selama 30 menit.
4. Taruh bahan isian di bagian tengah dari keempat persegi panjang pastry ini. Kosongkan bagian pinggirnya selebar 2,5 cm.
5. Untuk membuat bentuk lattice, lipat sebuah kotak pastry pada bagian panjangnya, kemudian sisakan bagian tepinya selebar 2,5 cm, potong garis vertikal sepanjang bagian yang dilipat. Buka lipatan kotak pastry yang sudah diiris bentuk lattice dan letakkan di atas pastry yang sudah diisi dengan bahan isian. Rekatkan bagian pinggir pastry sampai rapat dan taburi dengan keju parmesan. Atau buat lattice/anyaman sesuai selera.
6. Panggang di oven yang telah dipanaskan pada suhu 200 oC 20-25 menit. Sajikan panas atau dingin.

Hasil akhir pastry : lattice/anyamannya tetep rapi/tidak morat-marit karena mengembangnya si pastry n pastry-nya sendiri ngembang n flaky. Bikin hari Minggu sore, sampai Senin pagi ini tetap renyah. Wah puas deh.. 

4 thoughts on “KBB#17 – Savoury Bake

    molly said:
    June 3, 2010 at 3:58 pm

    bener2 keren latticenya *jempol*

    Napoleon Pastry « A Note of Baking and Food said:
    June 3, 2010 at 10:45 am

    […] 2, 2010 · Leave a Comment Lagi punya adonan pastry ready made di freezer, sisa gawe KBB#17 bulan lalu. Berhubung di rumah, yang namanya camilan itu wajib berasa manis, maka jadilah browsing […]

    monicaadriana said:
    May 31, 2010 at 7:19 pm

    wah, teknik nge-lattice-nya kyknya expert punya yaa mbak.. keren mbak hasilnya, ngembang sempurna..🙂

      bakingnfood responded:
      June 1, 2010 at 8:04 am

      Hihi… jadi malu, padahal simple, thanks Mbak..

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s