Pukis

Posted on Updated on

Sudah sering aku bikin pukis resep bunda Inong ini yang kebetulan emang banyak bertebaran di dunia maya. Rasa manis n gurihnya pas, juga harum n lembutnya. Bikinnya juga super kilat, pagi-pagi, jadi bisa buat bekal sekolah anak n cemilan si baby. Belum pernah coba resep pukis yang lain karena terlanjur cinta sama resep pukis bunda (alm.) Inong ini.

Pukis
Sumber: Bunda Inong

Bahan :
• 150 gr terigu (aku pakai terigu protein rendah)
• 100 gr gula pasir
• 150 ml santan (aku pakai 200 ml Kara santan instant)
• 2 butir telur
• 1 butir kuning telur
• 1 sdm ragi instant (aku pakai ½ sachet Fermipan instant yeast)
Note: aku seringnya pakai 3 butir telur langsung, pilih yang agak kecil.

Pukis dengan cetakan kue lumpur..oke juga penampakannya..

Cara membuat :
1. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang.
2. Masukkan terigu, aduk hingga rata.
3. Masukkan ragi instant, aduk rata
4. Masukkan santan, aduk rata.
5. Biarkan adonan pukis ini kurleb 30 menit (biasanya aku cuma 15-20 menit).
6. Tuang ke dalam cetakan pukis (aku pakai cetakan kue lumpur) yang telah dipanaskan. Setelah timbul gelembung-gelembung, taburi parutan keju/meises coklat.
7. Panggang dengan api kecil hingga matang.
8. Pukis siap disajikan.

One thought on “Pukis

    […] Sabtu ngantor.. sempetin sejenak siapin kudapan buat anak-anak yang libur sekolah. Biasa bikin pukis sih, tapi pakai cetakan kue lumpur. Alhasil anak-anak sering nggak mengganggap itu pukis gara-gara […]

Tuliskan pesan/komentar

