Roti..Oh Roti Yang Asin …

Posted on Updated on

Baking kali ini dalam rangka nyobain salah satu bahan kue, yaitu tepung ala BreadTalk (kata suppliernya loooh…) yang dipesan dari Nia-Radin Cake, Jakarta.
Resep yang dishare, total cairan hanya 37% bakers. Tapi dengan air yang hanya segitu, adonan yang terjadi crumbly (berpasir). So.. jadilah aku nambah sendiri, but surprise.. total cairan malah mencapai 70%. Percaya gak percaya, tapi inilah hasilnya. Adonannya bisa kalis dengan cepet. Mungkin masih bisa ditambah ngaduknya supaya super kalis, tapi gak tega sama mixer Philip yang gos-ngosan n panas dengan berat tepung 250 gr.
Namun sayang disayang, aku kan nambah garam, secara resep aslinya gak ada garam. Tapi diriku salah hitung, jadilah rotinya keras n asin deh. Cocok nih jadi resep crusty roll.

Resep asli tepung roti a la BreadTalk dari Nia
• 1000 gr tepung
• 22 gr yeast
• 30 gr susu bubuk
• telur kuningnya saja 3, putihnya 2
• 300 ml air
• 100 gr gula
• 75 gr b.o.s ( butter sub oil )

Resep modifikasi ala aku
• 250 gr tepung terigu protein tinggi (aku pakai tepung ala BreadTalk)
• 5 gr yeast
• 8 gr susu bubuk
• 1 butir telur, ukuran kecil (berat putih+kuning telur=50 gr)
• 75 ml susu UHT
• 50 ml air
• 25 gr gula
• 17 gr butter
• 2,5 gr garam (tapi aku salah hitung, jadi 5 gram, hihi…)

Teksture dalam roti yang agak kasar n keras setelah diinapkan semalam
Ini penampakan rotinya, roti yang asin kata anakku...

Step-stepnya belum aku tulis ya, soalnya rotinya kan belum sesuai harapan. Ini untuk pembelajaran saja.  Analisanya adalah, air yang aku tambahkan sebenarnya sudah sesuai, tapi kelebihan garam jadi memperkeras gluten n menghambat fermentasi.

Tuliskan pesan/komentar

