Again… Donat

Masih nggak bosan dengan donat, donat, donat, n donat lagi. Kali ini ngabisin stok tepung BLF. Ide resepnya dari Donat NCC dengan modifikasi di mentega aku pakai butter. Jumlah cairan lebih banyak karena terigu yang dipakai memang menyerap lebih banyak air.

Donat

Digoreng dengan minyak plus mentega putih ternyata oke juga, donatnya jadi tidak berminyak

Bahan A:
– 250 gr terigu protein tinggi (aku pakai terigu BLF)
– 50 gr gula pasir
– 5 gr ragi instant
– 2 btr kuning telur
– 110 ml susu UHT dingin

Bahan B:
– 50 gr butter
– ½ sdt garam

Cara membuat:
1. Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B, uleni terus hingga kalis elastis.
2. Bulatkan adonan istirahatkan 10 menit.
3. Bagi adonan @ 30 gram.
4. Bulatkan mulus, tata dalam loyang yg sudah dipoles mentega.
5. Kembangkan adonan selama 30 menit.
6. Lubangi tengahnya, lalu goreng hingga matang (aku pakai minyak goreng dicampur dengan mentega putih).
7. Tiriskan. Dinginkan.
8. Siap dihias atau dimakan begitu saja.

Hasil: 16 donat @ 30 gram.

Advertisements

4 responses to “Again… Donat

  1. Pingback: Donat | A Note of Baking and Food·

  2. jadi penganti minyak padat bisa pake minyak sayur ditambah mentega putih yach??? wah makasih nich tipsnya soalnya selama ini kalo buat donat suka nyerap minyak banyak bgt….harga tepungnya berapa yach ditambah ma ongkir waktu pas beli???

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s