KBB#18 – French Macarons

Posted on Updated on

Benar-benar Klub Berani Baking namanya, memberikan tantangan yang benar-benar aku hindari awalnya. Macarons…. hhhmmm… tak pernah terbayangkan deh olehku untuk baking French Macarons. Penampilannya memang cantik tapi rasa manis tidak begitu kusuka, ditambah lagi kelihatannya perlu banyak tips n trik untuk sukses membuat macarons ini.
Belajar dari kegagalanku membuat macarons minggu sebelumnya, kali ini aku ekstra hati-hati mengerjakannya. Resep aku pakai dari yang diberikan oleh Host KBB hanya sedikit aku ubah. Riangnya hati ini setelah adonan macarons masuk oven, sekitar 3-5 menit kemudian muncul si kaki yang dinanti. Yuhuiiii.. alhamdulillaah..berhasil juga.

Macarons

Sumber: Pink Macarons , Cupcakes, Cheesecakes, Cookies. The Australian Women Weekly, modified by me

Bahan-bahan:
• 3 putih telur
• 2 sdM gula caster
pewarna pink (aku skip)
• 200 gr icing sugar
• 120 gr almond meal (ternyata aku hanya pakai 100 gr saja, gara-gara gak baca ulang resep)
2 sdM icing sugar, ekstra (aku skip)

Tahapan pembuatan macarons

Cara membuat:
1.  Siapkan loyang, olesi mentega tipis-tipis; alasi dengan baking paper (aku langsung pakai silpat di atas loyang).
2.  Kocok putih telur hingga soft peak, tambahkan gula dan pewarna, terus kocok hingga gula larut (Aku kocok putih telur hingga berbusa, tambahkan gula caster dan kocok hingga antara soft to stiff peak).
3.  Pindahkan adonan ke dalam mangkuk yang lebih besar.
4.  Masukkan icing sugar dan almond meal (sebelumnya aku ayak bersama-sama untuk menghomogenkan), dalam dua bagian. Sendokkan adonan ini ke dalam piping bag dengan spuit 1.5 cm polos (aku pakai ukuran lebih kecil). Semprotkan ke atas loyang 36 x 4cm bulatan, dengan jarak 2cm.
5.  Ketuk-ketukkan loyang di atas meja kerja supaya macarons merata.
6. Taburkan dengan icing sugar (aku skip), biarkan selama 15 menit (aku: diamkan selama 1 jam).
7.  Panaskan oven dengan suhu 150C/130C fan-forced (aku: oven listrik 150 der Celcius)
8.  Panggang macarons sekitar 20 menit (ovenku 12 menit saja). Biarkan 5 menit (aku: 2 menit saja), lalu pindahkan ke rak pendingin.
9.  Rekatkan dua keping macarons dengan ganache.
10. Taburkan sedikit icing sugar, jika dikehendaki (aku: nggak pakai, it’s too sweet…. )

White Chocolate Ganache
• 100 gr white eating chocolate, potong-potong kasar
• 2 sdM thickened cream/heavy cream (krim kental)
Cara membuat:
1. Masukkan dan aduk white chocolate dengan krim kental dalam panci di atas api kecil hingga halus.
2. Pindahkan ke mangkuk yang lebih kecil.
3. Tutup, dinginkan di kulkas hingga adonan dapat dioles.

Adonan macarons yang sudah dicetak n didiamkan mulai menampakan tanda-tanda kaki, adonan lebih berdiri. Yuhuiiii... yakin berhasil nih kali ini.
Taraaa... 3-5 menit setelah masuk oven, kaki macarons yang ditunggu pun mulai muncul, berdiri dengan tegapnya...:)

Step yang aku perhatikan n beda dengan cara membuat macarons-ku sebelumnya yang gagal adalah:
1. Putih telur sudah aku siapkan 2 hari sebelumnya n dibiarkan di suhu ruang (tentunya ditutup ya). Meski percobaan Mbak Arfi membuktikan bahwa tak ada bedanya buat dia memakai putih telur yang sudah diinapkan dengan yang masih segar, tapi aku coba turuti memakai yang diinapkan. Setelah dipakai, menurutku adonan soft to stiff peak lebih cepat tercapai dengan putih telur yang diinapkan.
2. Almond powder dan gula halus aku ayak bersama-sama untuk mencapai homogenitas n kehalusan adonan. Yang tidak lolos ayakan, dihancurkan lagi n diayak ulang.
3. Penambahan pewarna aku hindari dulu, karena belum ahli menentukan keenceran adonan seperti apa untuk membuat macarons yang bagus. Dari beberapa referensi yang kubaca, memang disarankan sebaiknya memakai pewarna bubuk. Berhubung diriku nggak punya, ya sementara aku skip dulu.
4. Waktu tunggu setelah adonan dicetak, semula 15 menit aku jadikan 1 jam. Dan memang aku amati ada perbedaan di adonan yang sudah dicetak itu, mulai sedikit terangkat di menit ke-30.

6 thoughts on “KBB#18 – French Macarons

    jovita annie said:
    May 29, 2012 at 7:33 pm

    gimana caranya ikut kbb

    Ande said:
    March 13, 2012 at 12:35 am

    Almond mealnya kira kira bisa dicari dimana ya?

      bakingnfood responded:
      March 13, 2012 at 9:57 am

      Cari di toko bahan kue mbak. Bisa juga dari kacang almond, digrinder sendiri atau lebih bagus lagi dengan food processor.

    aimi said:
    November 11, 2010 at 3:57 pm

    i’m just wonder…takperlu menggunakan tepung utk bake macarons?

      bakingnfood responded:
      November 12, 2010 at 8:40 am

      Iya Mbak, nggak pakai tepung. Silahkan dicoba..:)

Tuliskan pesan/komentar

