Memilih Heavy Duty Mixer

Menyambung postingan 6 Tips Memilih Mixer, saya sharingkan hasil perbandingan saya untuk heavy duty mixer merk Bear, Kenwood, Kitchen Aid n Bosch. Untuk tiap merk diambil tipe yang sepadan/sekelas dalam hal kapasitas. Berhubung nggak ada yang sama persis, ya aku ambil yang bedanya tidak terlalu jauh. Sebagai patokannya ada pada kapasitas tepung kurleb 1 kg n kapasitas bowl/mangkok 5-6,7 liter.

Sebagai catatan Bear Varimixer ini saya percaya sangat tangguh. Kalau ada yang mau ngasih hadiah n suruh milih ya mixer ini dong yang saya pilih (mimpi kali yee….). Tapi berhubung saya bukan ber-uang, hihi.. cukuplah yang Kitchen Aid or Bosch saja in my wish list. Kalau Kenwood, meskipun ok namun selain mahal, juga daya listriknya besar. Jadi tak kan kuat kost di rumah yang cuma 1300 watt. Hihihi….

Untuk yang bingung memilih antara Kitchen Aid dan Bosch, bisa baca review mixer Bosch di sini n pelajari perbandingan antara Kitchen Aid dan Bosch di link ini.

Tabel Perbandingan Heavy Duty Mixer

Item Bear Varimixer Kenwood Kitchen Aid Bosch
Tipe Teddy 5 Bear Major KMM 760 KA Pro 600 Universal – MUN6N10UC
Asal Merk Denmark UK USA Germany
Harga, juta Rp + 11 + 9,5 + 6,6 + 4,6
Bahan/mangkok Stainless steel (SS) Brushed SS SS Plastik PP, SS (pilihan)
Daya listrik, watt 300 1200 575 800
Kapasitas mangkok/bowl, liter 5 6,7 5,7 6,2
Kapasitas tepung, kg 1 1 1,1 (bread flour) 1
Kapasitas adonan, kg 2,5 2,4 2 2
Ukuran pxlxt, cm 22 x 46 x 40 23 x 39 x 34 29 x 37 x 42 39 x 30 x 28
Berat, kg 18 10,2 11,4 6,8
Advertisements

105 responses to “Memilih Heavy Duty Mixer

  1. Hi mb..salam kenal saya pengguna mixer oxone 855 pemula, saya mau tanya untuk kapasitas tepung sebelum di tambah cairan maksimal berapa kilo y mb? Untuk speed ny kl mau buat roti step by step ny gimana y mb, dan boleh nya untuk berapa menit pemakaian mixer.. tq b4 mb

    • Mbak Riri, maaf saya bukan pengguna dan belum pernah pakai Oxone 855. Mungkin teman2 lain nanti di sini atau mbak google lagi.

  2. Hi Mba, mau tanya kalau mau beli spare parts Kenwood mixer di Jakarta dimana ya, Saya mau beli k-beater nya sama yg buat roti nya, thank you

  3. Mba, bagaimana dengan oxone ox 857 dgn hrg 3 Jt lebih dia punya watt 1200. Ada blender & meat grinder nya. Menurut mba bagus ga?

    • Mbak Dwi, produk Oxone selama ini dikenal oke. Watt 1200 juga oke kalau memang listrik mencukupi. Kalau jadi beli, review dan kabar2 i ya?
      Maaf..bukan agen/sales Oxone ya.

  4. Mba Ninik, mohon infonya untuk alamat Service Centre Mixer Chuseng di Jakarta? Terimakasih.

    • Bisa hubungi PT Ometraco Arya Samanta, Jl. Daan Mogot Km 12 no 9, Cengkareng,
      Jakarta 11730 Telp. 021-6196166, 6196977,6196388

  5. Salam… Numpang tanya untuk merek oven dan mixer yang bagus apa ya? Oven gas otomatis dan mixer taiwan? Ada rencana pengen buta bakery.. Thx

  6. Salam kenal mbak,
    Maaf mau nanya, kalo Kirin Stainless steel KPM 600 S, bisa untuk bikin roti yah? Kualitasnya bagus ga yah? Saya hanya perlu utk rumahan aja. Lagi bingung milih2 nih.
    Terimakasih banyak atas infonya.

    • Mbak Frida, salam kenal juga. Saya belum pernah pakai/lihat. Kalau yang saya baca spec nya di sini, kelihatannya bisa, dilihat dari gambar pengaduk tipe hook. Hanya saja kapasitasnya lebih kecil. Mungkin hanya untuk 250g terigu. Bisa ditanyakan langsung saja mbak ke toko/suppliernya? Agar ga menyesal kemudian.

  7. mba mau tanya kalo mixer oxone tipe ox-855 master standing kira2 kuat gak ya utk adonan roti? cm untuk dikonsumsi sendiri aja thx b4

    • Bisa mbak Ayu, tapi kapasitasnya kecil. Pastikan dulu ke supplier apakah mesin cepat panas waktu mengaduk adonan roti?

  8. saya pengen bikin roti dg ukuran tepung 1kg, tp g punya mixer heavy duty, punyanya mixer merk signora, kira2 kuat g y

      • Mixer signora promax dgn mixer oxone ox-856 buat skala home industri kuat mana ya mba???

      • Mbak Rini, saya belum pernah pakai keduanya. Tapi mempelajari spesifikasinya sepertinya lebih kuat yang ProMax. Mbak Rini musti menyesuaikan lebih banyak dipakai untuk adonan roti atau batter cake?

      • Maaf baru baca, kalau buat pizza, saya akan pilih yang ProMax. Mbak sehari ngadonin berapa kg terigu? Kalau kapasitas besar, nggak ada salahnya melirik mixer industry heavy duty, made in lokal atau Taiwan.

  9. Salam kenal ya mbak,

    Saya mau menanyakan mixer taiwan yang bandel dan bagus merk dan after sales service yang bagus apa? Ada teman yang mensarankan merk Jade. Baguskah merk itu? Dan distributor di jakarta dimana? Terima kasih

  10. hi mbak Amalia, salam kenal ya, saya Femmy, senang deh ketemu blog mbak yang mereview mixer2 heavy duty, saya jadi terbantu bila ada customer yang menanyakan, thanks banyak yaa… btw bila ada yang mencari mixer Bosch, bisa berkunjung ke blog saya http://kaliskukis.com/mixer-bosch/ kebetulan saya salah satu dealer resminya PT Sico πŸ™‚ dan kami sering mengadakan demo masak atau cooking class gratis di Jakarta untuk customer yang ingin tahu seperti apa kerja si mixer Bosch dan juga produk-produk lainnya dari SICO, thanks ya πŸ™‚

  11. Kalo untuk home industry bikin cake dan cupcake mending yang mana ya mbak mixernya? Dilemaaaa..

    • Yang KA mbak kalau budgetnya oke. Kalau mau yang simpel dulu Philips tangguh kok. Gak harus yang heavy duty kalau cake dan cupcake. Tinggal lihat kapasitas, kekuatan dan after sales service nya.

    • Mbak Hesty.. hand mixer Philips atau kelas di bawahnya merk Maspion? Happy hunting sesuai keperluan dan budget mbak… πŸ™‚

  12. Mbak mohon infonya dong utk KA wilayah surabaya ( saya stay di madiun ) kalau mau pesen gmn ya? Apa di toko2 electronic ada?

    • Mohon maaf saya tidak tau mbak Michiko, mungkin langsung hubungi Jakarta saja. Mereka bisa kok kirim. Kalau di Surabaya biasanya pas pameran Food suka ada. Bisa juga tanya ke TBK Arvian Sby

      • Minta masukannya untuk membuat roti (home industry kecil2an), lebih bagus pakai KA seri artisan atau Kirim KPM-600s ya ?

      • Mbak Vera… Mohon maaf kalau untuk industri kecil roti saya tidak merekomendasikan dua tipe mixer itu. Kalau untuk cake dan sejenisnya, adonan berbentuk batter (cairan) KA mungkin lebih oke.
        Kalau untuk adonan roti (dough) kedua mixer itu kapasitasnya hanya 1/2 kg tepung.
        Kapasitas produksi Mbak berapa? Apakah spesial roti atau juga jenis produk lain? Itu harus jadi bahan pertimbangan.
        Kalau memang khusus roti bisa pertimbangkan tipe heavy duty seperti Mixer Bosch atau cari yang made in Taiwan atau China yang bagus.

  13. Makasih buat komennya ya Mbak, jujur dalam hati juga saya pingin yang KA :p. Mixer lokal juga hampir mirip bentuknya dengan KA itu type planetary ramesia, beda harganya lumayan jauh dengan KA, serta kapasitasnya lebih besar. Jadi saya masih perang batin dulu nih antara mahal-branded tapi kapasitas kecil atau murah-lokal tapi kapasitas besar..

  14. para baker dan cake maker, saya minta inputnya donk, saat ini saya lagi coba usaha kue lapis, dan lagi hunting standing mixer. Keperluan saya sih hanya speed dan wadah yang besar karena adonan lapis hanya dari telur jadi tidak berat seperti adonan roti. Saya masih dilema antara merk lokal dengan KA. mohon bila ada yang bisa kasih pencerahan. thanks ya sebelumnya..

    • Kalau ada budget sih sya pilih KA. Tapi kalau kapasitasnya kurang besar, bisa pilih merk ex China/Taiwan yang juga sudah banyak yang puas makainya. Untuk merk lokal, kalau mixer saya malah belum pernah tau mbak Vivie.

  15. Salam kenal mbak. Saya tertarik sama mixer Oxone. tapi masih ragu dengan kualitasnya. bisa share infonya? makasih.

  16. Mbak, salam kenal yaa…saya lg tertarik sama kenwood (kmix) atau KA artisan, nah yg mau saya tanyakan urusan spare part klo ada apa2 lebih yg dpt diandalkan yg mana ya mba klo ada kerusakan? Kenwood atau KA? Lokasi saya di jkt. Makasii banyaak mba sebelumnya buat infonya.

    • Salam kenal mbak Gita. Sepertinya 2-2 nya sama2 oke lho soal spare part n pelayanan.
      Apalagi mbak di Jakarta, di google aja. Tergantung mbak lebih perlu yang seperti apa.

      • Ok mbak. Makasi sebelumnya. Akhirnya mutusin beli Kmix deh. Mudah-mudahan sesuai harapan hehehe. Amin

  17. kl mixer taiwan sm kenwood lbh rekomen mana pak? saya mau yg kapasitasnya agak besar sih, soalnya msh membanding2kan nih. tq

    • Bukan Bapak.. πŸ™‚ , untuk industri dan kapasitas besar saya lebih memilih mixer Taiwan yang kualitasnya oke.

      • iya lebih baik merk Taiwan..punya saya beli di SInar Cemerlang,,awet sampai sekarang..utk kapasitas 2-2,5kg tepung kering harga 9,5jt..tapi kalo budget terbatas boleh pilih buatan Lokal ,daya tahan bagus..
        untuk info bisa Bapak Yudi Hub: 0878 0817 9006

      • kl mixer taiwan merk Tinso bagus gak ya? ada yg bisa kasi pencerahan? bgm aftersalesnya? cuma kl merk ini tiap mau ganti speed musti matiin mesin dulu jd agak ribet menurut aku

  18. saya mau nanya nih, saya ada rencana mau beli mixer taiwan cuma msh bingung merknya. Dari info2 yg saya baca di inet ada yg merekomendasikan merk spar atau sinmag ktnya kualitasnya bagus. Kl utk pelayanan purnajual dan spare partnya gmn ya? ada yg bs share, atau ada yg rekomen merk lain? makasih

    • Setau saya merk yang disebut, layanan purna jual nya oke. Mesinnya pun oke. Ada beberapa teman baker yang puas dan mereferensikannya.

  19. hehehehhehe..

    iya nehhhh jadi bimbang and ribet…
    kl KA sudah jelas ya tp lebih kecil bowlnya
    kenwood lebih besar tp kualitas mixing, waktu dll belum nemu neh yg testimoni

      • Mbak Ika bisa ditanyakan di supplier tempat mbak membeli mixernya. Sepertinya supplier yang bagus adalah PT Ometraco. Bisa dicari via google mbak.

  20. hiiii..

    bagus banget ini blognya.. seneng deh bacanya..

    lagi bimbang neh mau beli Kenwood KMM710 kapasitas 6.7liter or KA heavy duty..

    kenwood harga lebih murah tapi aku belum tau kualitasnya..

    kalo KA-kan udah banyak yang make neh… kebetulan aku butuh yang rada gede bowlnya..

    salam,

    dewi hizboel

    • Thanks kunjungannya mbak Dewi. Selamat bertapa lagi deh buat nentuin yang mana. Happy hunting..:) Kalau boleh, sharing2 juga ya di sini, kebetulan Kenwood emang belum banyak testimoni.

  21. malam-malam baca blog ini seru bgt…kebetulan ak lg milih mixer untuk home industri, usaha ak kue kering dan cake sesekali bikin roti unt anak2ku. Cocok pakai mixer apa ya mba? selama ini pk Philips tp kok lama2 pengen punya mixer yg bagus n kuat. Bisa recoment mba? terima kasih yaaa…

    • Kalau mbak banyak bikin cake dan kuker, roti hanya sesekali, saya sarankan mixer KA, Kitchen Aid yang tipe Pro.
      Kalau lebih banyak roti nya, pilih Mixer Bosch.
      Atau kalau industrinya sudah mulai besar dan kapasitas lebih besar, cari saja mixer heavy duty made in China atau Taiwan yang bagus.

  22. Infonya sangat berguna, terima kasih. Boleh nanya dong, kalo mixer Sinmag dibanding dengan Bosch mana yang lebih baik dari segi harga dan keawetannya?

    • Mixer Sinmag skala/kapasitas berapa kg mbak Anik? Setau saya Sinmag kapasitasnya lebih besar daripada Bosch dan memang recommended untuk industri. Jadi kalau mau untuk usaha, saya akan memilih Sinmag ini. Harga tergantung kapasitas yang diinginkan. Keawetan setau saya oke. Pastikan supplier juga menjamin pelayanan purna jual ya, service dan spare part nya.

  23. mb klo mikser lokal buatan jakarta tuh merk nya apa aja jg belinya di mana? hiks pengen meluk si bosch tp kok rasanya blm pantes yak #sy nya masih newbie

    • Mbak Sasa, mixer lokal saya belum tau di Jakarta di mana. Untuk merk ex China bisa coba tanya2 di http://tyucake.com/.
      Atau mungkin ada yang lokal di TriStar Jakarta, Sunter Paradise Raya 2, Blok F-21. No. C-27.

  24. @Mba Endang.. bener untuk usaha harus pilih mixer Heavy Duty minimal buatan Taiwan, mixer lebih halus tapi rada mahal dibanding Merk China..kalo Budget pas2an bisa juga pilih Mixer Lokal buatan Jakarta, tahan banting, lebih hemat listrik, model tidak sebagus mixer taiwan tapi fungsi sama

  25. Kweren blognya…….
    Ksh info dong mbk saya mau buka usaha donat mixer yg cocok apa ya?
    Apa kitchen aid bagus dan cocoj buat sgala macem kue?
    Trims

    • Thank you mbak Endang atas kunjungannya. Kalau untuk usaha donat, saya tidak menyarankan Kitchen Aid mbak. Tipe Pro aja hanya bisa untuk 1/2 kg tepung, sayang kaan? Kalau mau ya mixer Bosch. Atau kalau mau serius, mending mbak cari Mixer Heavy Duty keluaran Taiwan, banyak yang bagus kok. Nanti mbak tinggal sesuaikan saja dengan kapasitas berapa perlunya.

    • Mbak Lily.. kalau Mixer Princess yang dimaksud kebetulan saya belum ada pengalaman baik pakai maupun melihatnya. Jadi mohon maaf ya. Mbak bandingkan saja semuanya dari mulai kapasitas, bahan, harga, daya listrik, dengan Kenwood. Mana yang lebih memenuhi spec mbak

  26. Halo mba, nice blog pas aku lgi btuh mixer yg lbih kece nih hahaha
    Mau tanya, mba tahu distributor resmi untuk kenwood gak? Ngincer yg tipe kmix tpi biasa toko jualnya yg gede dan stainless steel kaya yg d gambar. Thanks a lot πŸ˜‰

    • Thank you mb Canbe. Waah saya belum tau distributor resmi Kenwood di Indonesia. Kalau nanti sudah tau, saya update infonya.

  27. Isi blog ini sungguh bagus πŸ™‚ banyak info yang bisa didapatkan disini..

    saya ingin menambahkan Bagi yang punya budget medium bisa pilih Mixer Taiwan, kwalitas cukup bagus, kapasitas 4kg adonan/ 2 – 2,5kg tepung kering, sudah pakai 3thn utk usaha, jumlah pengaduk 3bh, harga 9jt an, beli dari Pt Sinar Cermerlang

    Kemudian Jika budgetnya pas2an (untuk usaha) bisa beli MIXER ROTI buatan LOKAL Jakarta, kapasitas 4kg adonan/2kg tepung kering, kwalitas bagus, sudah pakai 8thn, harga 2,7jt, bisa Hub : 021 2639 8009 / 0878 0817 9006

  28. mb mau tanya, apa beda KA yg artisan n KA yg profesional? yg kedua au tanya, utk service KA qt dpt dr toko yg jual atau ada agen resmi ya? gampangkah spare part y di jkt? kalo boleh tau dmn ya tempat service ixer yg terpercaya? mksh,, πŸ™‚

    • Beda di kekuatan dan kapasitas mbak. Yang PRO lebih oke. Service dari distributor resmi. Spare part yang saya tau gampang kok.
      Kalau di Jakarta, distributornya:
      PT. Berkat Wahana Saudara
      Jl. Tomang Raya no. 10, Jakarta 11430
      Telp : 5680020, 5600466

  29. Thanks so much untuk informasinya lho mba2 semua. Giant hug. Informasinya sangat membantu dan membuat saya tambah semangat untuk hunting mixer..

  30. Eh maaf mbak kebalik yg saya punya yg SPAR beli di PT Ometraco, yg Chun Seng yg lebih murah dii PT Sinar Himalaya.

  31. Thanks a lot mba infonya. Mba ada rekomendasi merk mixer roti yang made in Taiwan tidak?Terima kasih byk.

    • Sama-sama mbak. Untuk merk bisa cari di google. Yang penting garansi dan layanan purna jualnya bagus. Yang sering saya dengar adalah Sinmag, Chuseng, Spar. Hehe..saya bukan salesnya yaa..:)

      • Saya pny merk chun seng buatan Taiwan yg kapasitas 3 kg, bagus hasilnya tp harganya lbh mahal dibandingkan merk spar. Modelnya jg lbh bagus. Merk Spar bs dibeli di Sinar Himalaya, yg chun seng di Ometraco

      • Thank you mbak Ninik atas masukan dan rekomendasinya…:). Mbak Yaya..ni sudah ada testimoni..:)

  32. mba,keren informasinya.
    Saya mau tanya, kalau ingin lihat mixer dengan merk2 diatas itu di toko apa ya?Saya pengen hunting2 mixer utk roti, tapi mau survey harga dan lihat barangnya dulu.
    Terina kasih

    • Bisa mbak. Menurut saya awet dan tahan banting.
      Hanya saja apakah kapasitasnya memenuhi?
      Layanan service nya pun gak ada masalah dengan supplier yang dimaksud. Termasuk jarang rewel.

  33. Hallo mbak,

    sekedar menambahkan sedikit info aja nih. Kalau di wesbite Bosch-Jerman, gambar mixer Bosch yg diatas itu namanya MUM 6N11. Data yg Ibu tulis hampir benar tetapi kalau disini mesin tersebut dapat menguleni adonan seberat maximal 4 kg ( 2 kg tepung kering + bahan lain) plus ada Blendernya uk 1,5 L. Kalau yg mangkuk SS, kekuatan mesinnya sama hanya saja daya stromnya 100 W.

  34. Mba, aku udah beli Teddy Bearnya… Kitchen Aidku yg KPM 50 dijejerin keliatan kecil hehehe….Kalau Bosch lumayan juga tapi lebih banyak aku pakai untuk mixer telur. Makasih reviewnya ya mba…sippp

  35. Pakai standing mixer Philip masih bisa Mbak, untuk 250 gr terigu saja. Sambil sesekali dicek n dirasakan kalau mixernya sudah mulai panas n ngos2an, angkat adonan n kita bantu dengan diuleni tangan. Mixer dingin, masuk lagi, begitu seterusnya. Diuleni tangan juga bisa dicoba dengan 250 gr or 500 gr terigu dulu. Kalau dari yang heavy duty itu menurut saya paling ekonomis tapi bandel ya Mixer Bosch.
    Terima kasih buat kunjungan dan pujiannya…:)

  36. mba, mau nanya dong…aku cuma punya standing mixer philips. samsek g bs dipake buat roti y, aku jg mau coba bkn roti tp klo mikir uleni pake tangan males bgt, mau beli salah satu mixer diatas,duh mahal amat y g kuat belinya :). blognya keren bgt

    • Mbak Ninik bisa hubungi PT Ometraco Arya Samanta, Jl. Daan Mogot Km 12 no 9, Cengkareng,
      Jakarta 11730 Telp. 021-6196166, 6196977,6196388. Cp. Bp. Bunadi

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s