Tips Sukses Membuat Roti

Banyak teman pembaca blog ini yang menanyakan via email, tips khusus membuat roti. Gak ada yang rahasia kok! Di sini aku sharingkan tips sukses membuat roti ala aku.
1. Pastikan menggunakan bahan yang masih baik dan timbang bahan dengan teliti. Jangan sampai ragi yang digunakan sudah kadaluarsa atau ada yang salah timbang. Gunakan resep/formulasi yang telah teruji..
2. Pastikan adonan tercampur/teruleni dengan baik hingga kalis sempurna. Tandanya adalah bila sejumlah kecil adonan direntangkan pelan-pelan dengan tangan akan membentuk lapisan film yang tipis dan tidak putus.
3. Pastikan adonan difermentasikan/diproofing/dikembangkan dengan sempurna. Tandanya adalah adonan telah menjadi kira-kira 2 kali besar adonan semula. Cara mengeceknya adalah tekan/sentuh pelan adonan dengan ujung jari kita, bila terlihat ada bekasnya, maka adonan siap untuk dipanggang.
4. Pastikan suhu oven telah siap untuk memanggang adonan roti dan pastikan roti telah matang sempurna sebelum dikeluarkan dari oven.
5. Untuk roti tawar atau roti yang memakai cetakan, segera setelah matang dan keluar dari oven, keluarkan roti dari cetakannya dan dinginkan. Untuk roti manis, oles permukaannya dengan butter untuk mempercantik.
6. Untuk roti tawar, potong-potong roti setelah dingin.
7. Simpan roti setelah dingin dalam kemasan tertutup untuk mencegah roti menjadi kering.

Naaah..mudah bukan? Membuat roti hanya memerlukan banyak praktek. Sekali kita mengenal n memahami tiap tahapan proses membuat roti, akan jatuh cintalah seterusnya. So…siapa takut membuat roti?

 

Advertisements

10 responses to “Tips Sukses Membuat Roti

    • Mbak Isa, adonannya sudah bener2 kalis sempurna? Cek juga apakah raginya masih bagus? Apakah pengembangannya cukup? (menjadi kira2 2x volume semula). Bisa berbagi resep dan cara membuatnya dari sisi Mbak bagaimana?

  1. Salam kenal Mbak,
    Mbak, saya baca resep roti tawar anda yg ada di blog suami anda, yg mau saya tanyakan, apabila sy menggunakan loyang roti tawar yg tertutup dgn ukuran 20x10x8, satu resep itu (dgn 1 kg tepung), dpt menjadi berapa loyang ? apakah resep roti tawar itu juga bisa buat hotdog & burger bun ?

    • Gagalnya bagaimana Mbak Isa, bisa dijelaskan lebih lanjut? Resep dan prosesnya bagaimana?
      Untuk tahu kegagalannya pastikan apakah formulasi dan bahan yang digunakan baik? proses pengadukan, pengembangan dan pemanggangan sudah oke?

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s