KBB#22 – Spun Sugar Oh Si Angel’s Hair

Waaah….bener-bener tantangan Klub Berani Baking (KBB) yang membutuhkan ekstra kesabaran. Bayangkan, baru pada percobaan ke lima aku bisa menemukan si “angel hair” ini. Tapi ternyata begitu ketemu feel-nya, tarikan benang caramel yang halus n berwarna kuning kecoklatan ini bisa bikin ketagihan. Bayangkan sampai mau tidur pun kebayang asyiknya menarik benang-benang karamel membentuk angel’s hair ini, hehe…

Sayangnya spun sugarku sempat disimpan di wadah kedap sehingga pas mau foto dengan pudingnya sudah mimpes. Akhirnya bikin lagi dengan sisa-sisa semangat. Tapi warnanya gak secantik yang aku bikin sebelumnya , karena bolak balik dipanaskan, si spun sugar ini jadi menjadi coklat gelap warnanya.

Berikut adalah resep yang diberikan oleh KBB.
Resep Spun Sugar (Angel’s Hair)
Sumber: Dessert Techniques by Le Cordon Bleu Cooking Schools

Alat:
Pakailah whisk yang sudah tidak dipakai tetapi masih bagus (tidak karatan), lalu pakai wire cutter, potonglah jari-jari whisk di ujung (yang melengkung), sehingga whisk anda akan ‘gundul’. Gunakan whisk ini untuk membuat spun sugar.

Sugar Syrup

Silakan pilih:
Medium use 1 ¼ cups sugar to 1 cup water.
Heavy use 1 ¼ cups sugar to ⅞ cup water.

Step :
1. Heat the sugar syrup to 311 F then plunge into a pan of cold water to halt the cooking process.
2. Cover your work surface with parchment paper. Holding a rolling pin in one hand over the paper, dip the whisk into the sugar syrup and flick it back and forth over the rolling pin so that railing threads are formed.
3. Gently gather up the strands and fold them back over the rolling pin. Loosen and lift them or slide them off the pin gently.
4. Break the sugar in half and gently shape each half as desired in your hands.

Awalnya aku buat spun sugar yang medium. Tapi entah mengapa gagal terus yaaa…. Berhubung dikejar deadline, antara rutinitas kantor, rumah, dan belajar bisnis, jadilah aku buat dengan metode kering. Ini hasil konsultasi dengan Fifi-NCCers Gresik dan baca-baca bermain caramel-nya Lia.

Caramel – Spun Sugar, by me

1. Tempatkan kurang lebih 80 gram gula pasir ditambah 3 sendok makan air secara merata di loyang teflon.
2. Panaskan gula di atas kompor dengan api kecil.
3. Bila sebagian gula mulai mencair goyang-goyangkan wajan untuk meratakan gula yang belum mencair dan terus panaskan hingga gula leleh seluruhnya.
4. Tes dengan cara menarik karamel ke atas (gunakan sendok/garpu), bila sudah bisa mengalir matikan api.
5. Tes ala Mbak Arfie: Teteskan karamel ke dalam air es. Kalau setelah ditetesi ke air masih kenyal berarti belum hard crack, tapi kalo pas ditetesi udah keras, berarti udah mencapai hard crack.
6. Tarik karamel ke atas (aku menggunakan 2 garpu yang diikat berpunggungan) dan putar-putar membentuk benang-benang karamel.

Puding Vanilla Caramel
Resep  nyontek dari Yasaboga yang dicoba oleh Arta. Dimodifikasi dengan penambahan vanilla pods.

Bahan puding :
• 5 butir telur
• 125 gr gula pasir
• 2 sdm maizena
• 500 cc susu cair
• 2 batang vanilla (disayat vertical dan disisir ambil bijinya)

Bahan caramel :
• 175 gr gula pasir
• 1 sdt air jeruk nipis
• 2 sdm air

Cara :
Caramel :
Jerangkan gula di atas api hingga cair kecoklatan, tambahkan air dan air jeruk nipis, angkat dari api, segera tuang ke dasar cetakan, dinginkan.

Puding Vanilla :
1. Campur semua bahan hingga larut. Saring ke dalam cetakan yang sudah diisi caramel.
2. Panggang dengan cara au bain marie hingga set dalam oven, suhu 180 derajat Celcius selama kurleb 30 menit.

Advertisements

10 responses to “KBB#22 – Spun Sugar Oh Si Angel’s Hair

  1. Wuaah Mba, bikin spun sugarnya di toples plastik gt yah? cantiik jadinya..trus gak belepetan kemana-mana doonk? Mmmh,ide yang bagus..

    • Mbak, bikinnya gak di toples plastik kok. Cuman habis bikin aku taruh di toples plastik. Eeee… malah mimpes.
      Jadi ya bikin lagi. Cuma aku puter2in di ujung sumpit. Muternya pakai garpu.
      Yang ada di wadah plastik itu spun sugar yang dah jadi sebagian aku taruh di situ n difoto…:)

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s