Roti Tawar Manis

Posted on Updated on

Bukan di Indonesia namanya kalau gak ada namanya roti tawar manis. Aneh ya..bagaimana tidak, namanya tawar kok ada embel-embelnya manis. Hhhhmmm..begitulah.. Aneh tapi nyata. Maklum kita kan penggemar yang manis-manis..:)
Ini yaaa yang mau nyobain roti tawar manis, sudah diuji.. oke lho..

Roti Tawar Manis
Oleh: Amy Riv

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat roti tawar manis adalah:
1. Tepung terigu protein tinggi 1 kg
2. Ragi instant 22 gram
3. Gula pasir 150 gram
4. Mentega 150 gram
5. Garam 15 gram
6. Susu evaporasi 475 ml
7. Telur 2 butir

Cara membuat  roti tawar manis:
1. Masukkan tepung terigu protein tinggi, ragi instant, dan gula pasir. Aduk hingga rata.
2. Tambahkan telur dan air sedikit demi sedikit dan aduk hingga adonan agak kalis.
3. Tambahkan mentega dan garam, terus aduk hingga adonan kalis.
4. Bulatkan adonan bakalan roti tawar manis  itu dan istirahatkan selama 10 menit.
5. Bagi adonan @ 400 gram (ukuran loyang 20x10x10 cm) dan biarkan selama 15 menit.
6. Adonan dibentuk roti tawar dan letakkan di loyang roti tawar yang sudah dioles margarin.
7. Biarkan adonan roti tawar manis mengembang ( + 90 menit ).
8. Panggang adonan roti hingga matang, berwarna kuning kecoklatan (dengan suhu 200 C selama 20 menit).

6 thoughts on “Roti Tawar Manis

    Reva said:
    September 23, 2012 at 4:00 pm

    wah itu telur 2buah buat apa? cuma buat pajangan? kok nda dicampur ?

      bakingnfood responded:
      September 24, 2012 at 6:31 am

      Reva, iya lupa, belum ditulis. Sudah diupdate. Thank you koreksinya yaaa..:)

    Yudi Lim said:
    September 10, 2012 at 8:29 am

    Untuk buat roti coba tepung ROTi TALI EMAS …memang agak susah cari..tapi kwalitas tepungnya ok…jadi tidak perlu pakai pelembut lagi
    selamat mencoba🙂

    Mixer Roti said:
    January 31, 2012 at 2:26 am

    enak dan mudah membuatnya. roti kesukaan saya.

    numpang promosi, bikin roti makin mudah dan murah.

    mixer roti, murah. diskon Rp 150.000
    segera hubungi saya di 0856-4984-6665

    kunjungi kami di:
    rezapalavi.wordpress.com/2011/11/20/jual-mixer-roti-dan-mixer-kue-murah-bergaransi/

    terima kasih baking food.

    annisa said:
    October 7, 2011 at 10:30 pm

    ibu amy, perkenalkan saya Annisa, mahasiswi Ilmu dan Teknologi Pangan IPB. Begini bu, bolehkah saya bertanya?hehehe
    saya dan teman ingin bereksperimen membuat roti bentuknya seperti roti tawar, tapi dalam adonannya dicampur dengan tepung ikan. Rencananya diberi sedikit potongan ikan juga, dan kami berniat untuk diikutkan lomba. tapi sampai sekarang kami kebingungan mengenai formulasinya hehehe, berharap banget ibu bisa membantu nih.. hihihihihi
    kira2 menurut ibu keinginan kami untuk membuat produk tersebut bisa diwujudkan tidak yah?🙂 terima kasih ibuu….

      bakingnfood responded:
      October 12, 2011 at 1:00 am

      Annisa, bisa kok. Formulasinya yang standard silahkan pilih aja resep roti tawar di blog ini.
      Tepung ikannya dibuat variabel dulu dari 10-25% (ini silahkan dimodif karena saya ga paham karakter tepung ikan), mana yang secara sensoris memenuhi persyaratan.
      Yuuk..semoga sukses ya….

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s