Classic Cheese Cake Favorit Ibunda

Posted on Updated on

Classic Cheese Cake alias Bolu Keju Jadul ini kesukaan ibu saya. Maka kalau beliau pas ada di Gresik atau saya mudik, selalu disempat-sempatkan membuatnya. Mudah kok… Resep andalan saya NCC punya ..:)

Classic Cheese Cake
Sumber: Fatmah Bahalwan NCC

Bahan:
– 200g gula pasir halus
– 300g mentega/margarine
– 7 btr kuning telur (saya pakai 6 btr)
– 5 btr putih telur (saya pakai 6 btr, biar pas)
– 250g tepung terigu protein sedang
– 200g keju parut

Classic-Cheese-Cake-NCC
Cara membuatnya :
1. Kocok mentega dan gula hingga pucat dan mengembang, masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok terus hingga mengembang, kecilkan speed mixer, masukkan 150 gr  keju parut, kocok rata, matikan mixer.
2. Masukkan tepung terigu aduk rata.
3. Di tempat lain, kocok putih telur hingga kaku, lalu masukkan ke dalam adonan mentega secara bertahap sambil diaduk rata.
4. Tuangkan ke dalam loyang tulban diameter 24cm (saya pakai 2 loyang kotak 22x8cm) yang sudah dioles mentega dan ditabur terigu.
5. Taburi bagian atasnya dengan sisa keju.
6. Oven selama kurang lebih 45 menit dengan suhu 170-180 derajat Celcius, atau hingga matang. Lakukan tes tusuk untuk memastikan.
7. Angkat, dinginkan, potong-potong, sajikan.

3 thoughts on “Classic Cheese Cake Favorit Ibunda

    lel said:
    May 13, 2014 at 3:51 pm

    mba rasanya enak, saya udah coba bikin walaupun bantat hehe. kira2 faktoe apa ya yg bisa bikin bantat?saya pake tepung segitiga biru, ngaruh nggak ya mba?saya jg pake margarin yg keluar dari kulkas. trus waktu ngocok putih telur sampai kaku, masih ada sisa cairan yang nggak bisa kaku mba. itu diambil yg kaku aja atau gmn ya?makasih ..

      bakingnfood responded:
      May 14, 2014 at 7:25 pm

      Mbak Lel, sepertinya yang bikin bantat cairan yang terpisah itu. Kalau saya hanya diambil yang kaku saja. Lalu sebaiknya margarine juga sudah mendekati suhu ruang saat dikocok. Silahkan mencoba kembali ya mbak🙂

    yoansudibyo said:
    July 21, 2013 at 2:17 pm

    wouwww,,,mantab nih buat buka puasa…

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s