KBB # 38 – Crispy French Baguette

Posted on Updated on

Logo lulus Baguette - for emailMenarik sekali tantangan KBB kali ini, membuat Baguette, biasa dikenal dengan roti Perancis atau roti tongkat karena bentuknya yang panjang.
Gak enaknya bagi saya adalah tidak ada penggemar jenis roti seperti ini di rumah. Selain itu memang perlu kesabaran dan waktu karena persiapan starter dough dan adonan yang harus difermentasi 3 kali.
It means… tidak boleh ada jadwal main keluar rumah dulu kalau belum kelar tugas ini, hehe..
Tidak ada kesulitan yang berarti bagi saya, kecuali cara menyayat adonan dengan pisau tajam. Saya pakai cutter. Rasanya sudah cukup oke..tapi ternyata adonan tidak bisa merekah sempurna di sayatannya seperti halnya French Baguette yang bener di negerinya sono🙂
Berhubung oven saya kecil, ukuran 16 inc itu saya bagi 2, jadilah hasilnya 6 buah baguette 8 inc.
Keluar dari oven…. Hhhmmm.. crispy dan rongganya dapat tuh, alhamdulillaah… Langsung dicemilin begitu saja dengan anak-anak. Lalu sisanya? Selama 2 pagi sarapan saya celupin ke kopi, 1 kali makan siang celup ke sup ayam, dan masih saja tersisa 2 potong. Rencananya mau dieksekusi jadi bread pudding saja deh biar laku.

French baguette

Crispy French Baguette – (KAF)
Hasil: 3 Baguette @ 16 inc (saya jadi 6 baguette @ 8 inc)

French baguetteStarter:
½ cup     air
1/16 tsp   active dry yeast / instant yeast
1 cup      unbleached bread flour (saya pakai terigu protein tinggi merk Cakra Kembar)

Dough:
1 tsp                      active dry yeast / instant yeast
1 cup – 1 ¼ cup   air hangat kuku*
3 ½ cup                 unbleached bread flour
1 ½ – 2 tsp            garam

*gunakan lebih sedikit air hangat (iklim lembab) atau lebih banyak (saat winter atau iklim kering), dan kurang lebihnya di saat iklim lainnya (atau ruangan terkontrol kelembabannya).–> saya gunakan suhu normal dengan suasana mendung🙂

Tips:
Bahan baguette hanyalah tepung, air, garam, dan ragi. Teknik sang baker lah yang akan menentukan keberhasilan hasil akhirnya. Semakin sering latihan, akan semakin baik hasilnya.

Steps:

1.  Membuat starter. Aduk ragi dan air (tidak perlu diaduk jika menggunakan instant yeast). Tambahkan tepung, aduk. Tutup dan diamkan suhu ruang selama 14 jam atau diinapkan semalam. Starter akan mengembang dan bergelembung. Jika tidak, mungkin raginya tidak bekerja dengan baik. Cara menguji ragi: larutkan ¼ sdt ragi dengan 1 sdm air hangat dan sejumput gula. Diamkan 15 menit. Jika tidak ada perubahan, maka ganti ragi Anda.
Baguette 1
2.  Dough: Jika menggunakan active dry yeast, larutkan dahulu dengan air lalu campurkan dengan starter, tepung, dan garam. Jika menggunakan instan yeast, tidak perlu dilarutkan dengan air terlebih dahulu. Ragi bisa langsung dimasukkan. Aduk dan uleni dengan tangan/mixer/bread machine (setting hingga dough cycle) hingga diperoleh adonan yang lembut tapi permukaan masih sedikit kasar. Jika menggunakan stand mixer, uleni 5 menit dengan speed 2.
Step baguette 2
3.  Pindahkan adonan ke mangkuk yang sudah dioles sedikit minyak. Tutup. Biarkan mengembang selama 1 jam. Kempiskan perlahan. Biarkan mengembang selama 1 jam, kempiskan sekali lagi. Biarkan mengembang 1 jam lagi. Jadi secara total adonan sudah dibiarkan mengembang 3 jam.
Step baguette 3
4.  Pindahkan adonan ke meja yang sudah dioles sedikit minyak. Bentuk bulat. Bagi menjadi 3 bagian (saya: jadi 6 bagian)
Step baguette 4
5.  Bentuk menjadi oval dan agak diratakan. Tutup dengan plastik yang dioles sedikit minyak. Diamkan 15 menit.

6.  Lipat menjadi hampir setengahnya. Kunci ujung adonan dengan telapak pangan. Kemudian sedikit diratakan. Ulangi lipat setengah dan kunci lagi.
Step baguette 5
7.  Balik hingga sambungan  adonan berada di posisi bawah. Gulung perlahan dengan tangan yang ditelungkupkan hingga adonan mencapai panjang 15 inc. Letakkan ke loyang yang dialas greased/parchment paper. Bagian sambungan adonan di posisikan di bawah.
Step baguette 6
8.  Tutup dengan plastik yang dioles sedikit minyak. Biarkan mengembang hingga sangat puffy sekitar 1 ½ jam. Diperkirakan hampir double-in size. Jika terlalu mengembang akan sulit ditangani.
Step baguette 7
9.  Selama proofing, panaskan oven 450 oF (230 oC), jika menggunakan baking stone maka letakkan baking stone di rak paling bawah.

10. Dengan pisau tajam, buat 3 sayatan dengan kemiringan 45 derajat pada setiap baguette. Semprot dengan air hangat. Ini akan membentuk lapisan kulit yang crispy.
Step baguette 8
11. Panggang hingga coklat keemasan 25-30 menit. Keluarkan dari oven dan pindahkan ke cooling rack. Atau untuk baguette yang lebih crispy, matikan oven dan buka pintunya selebar 2 inc dan biarkan hingga dingin di oven.
Step baguette 9

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s