Wheat Grass – Rumput Gandum – Superfood

Posted on

Akhir tahun lampau saya dan teman-teman satu bagian di kantor bikin project iseng bermanfaat. Setiap hari bergulat dengan biji gandum mengapa tidak mencoba membuat jus rumput gandum yang vitaminnya fenomenal itu?
Rumput gandum alias wheat grass nya ini yang kami jadikan percobaan untuk menanamnya sendiri. Berbagai sumber di internet pun ditelusuri. Banyak sumber yang rata-rata hampir sama. Tapi sebagai referensi saya pakai situs lokal www.rumputgandum.com dan situs luar www.australianwheatgrass.com.au

Wheat grass

Wheat grass adalah salah satu makanan super, dikonsumsi saat perut kosong atau 30-60 menit sebelum makan. Segelas jus wheat grass setara dengan satu kg sayuran berdaun hijau.
Karena kandungan klorofil yang tinggi, wheat grass memiliki efek alkalizing dan detoksifikasi yang kuat pada tubuh. Rumput gandum tinggi oksigen dan kaya mikronutrien, seperti lisin, vitamin C, kalsium, klorofil, protein, asam amino, dan enzim.
Efek samping detoksifikasi dari rumput gandum tergantung pada seberapa banyak kandungan racun di tubuh kita. Bisa berupa sakit kepala atau buang air besar. Eh.. saya dan beberapa teman mengalami mual juga lho.

Berikut ini cara menanam yang kami lakukan. Kebetulan kami membuat percobaan di ruang kerja dingin ber AC. Jadi di pagi hari kami dekatkan jendela agar mendapatkan sinar matahari.
1. Siapkan media tanam dalam tray yang sudah dilubangi bagian bawahnya untuk jalan air. Media tanam bisa memakai tanah atau pasir. Bisa juga dengan media kapas yang dibasahi namun ternyata rentan terhadap tumbuhnya jamur.
2. Letakkan benih gandum di media tanam.
3. Sirami media yang sudah berisi benih gandum setiap pagi dan sore. Jangan sampai air menggenang karena benih bisa membusuk dan berjamur. Prinsipnya, media tanam harus lembab tapi tidak tergenang air. Gunakan botol spray untuk membasahi secukupnya.
4. Pada tiga hari pertama, tutup media dengan kain atau kertas, jangan sampai terkena cahaya matahari.
5. Pada hari keempat, tutup bisa dibuka agar tunas yang mulai muncul mendapat sinar matahari. Tapi jangan sampai mendapat paparan sinar matahari langsung. Dekatkan dengan jendela untuk mendapatkan sinar matahari.
6. Pada hari ke 7-9, rumput gandum dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Saya memakai standar panjang untuk mengukur kesiapan panen, yaitu saat panjangnya mencapai kurang lebih 15 cm.

Naah.. ini cara membuat jus rumput gandumnya:
1. Potong rumput gandum dengan jarak 2 cm dari media tanam
2. Ambil sebanyak dua genggam atau sebanyak hasil panen.
3. Potong kecil-kecil rumput gandum dan masukkan dalam slow juicer. Bila tidak mempunyai slow juicer, bisa memakai blender dengan tambahkan sedikit air lalu disaring,
4. Minum segera jus tersebut.

Rasanya? Manis… namun sangat grassy atau bau rumput. After tastenya bagi yang sensitif, akan tidak mengenakkan. Untuk mengatasinya bisa tambahkan sedikit saja perasan jeruk nipis atau jeruk lemon.

Oh ya.. wheat grass yang sudah dipanen masih bisa ditumbuhkan lagi 7 hari ke depan untuk dipanen. Tapi maksimal memang hanya 2x panen. Jus yang dibuat pada panen ke-2 sudah tidak begitu menyengat bau rumputnya. Tentunya nutrisinya pun juga sudah menurun.

Rumput gandum

Berapa banyak yield nya? Dari sekitar 50gr berat rumput gandum menghasilkan sekitar 25-27gr jus rumput gandum. Sedikit sekali ya? Yups… cara meminumnya pun tidak perlu gila-gilaan kok. Cukup 1-2 sendok makan saja untuk tahap awal dan merasakan sensasinya.
Berani mencoba?

2 thoughts on “Wheat Grass – Rumput Gandum – Superfood

    Hendra said:
    July 2, 2015 at 2:35 pm

    Assamulaikum bu Amalia, dimana bisa mendapatkan biji gandum untuk ditanam menjadi rumput gandum di sekitar Jabodetabek?
    Slow juicer yang dipakai merek apa ya?
    Terimakasih

      Amy responded:
      July 3, 2015 at 8:22 am

      Waalaikum salaam Pak Hendra, rumput gandum bisa dibeli secara online. Coba cek website http://www.rumputgandum.com atau bisa juga Bapak cari via google.
      Saya pakai merk OMI Slow Juicer, ekonomis. Banyak juga merk lainnya, seperti Delicia, Hurom, Kuvings.
      Semoga membantu.

      Salam,

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s