Roti Tawar Gandum

Lamaaa nggak nge-baking gegara manajemen waktu yang sangat ketat sehingga harus memangkas kegiatan yang kurang penting. Bukan berarti lantas baking jadi tidak penting bagi saya, namun musti pandai mengatur biar badan tetap fit. Lalu tiba-tiba mendapat tantangan dari boss di bulan puasa ini. Fiuh..baking nya sih seneng tapi urusan cuci mencuci gerabah itu yang membuat…

KBB#43 : Mexicans Buns aka Rotiboy

Tantangan Klub Berani Baking (KBB) kali ini adalah Mexican Buns aka Rotiboy. Kenapa ya namanya “rotiboy”? apakah ada rotiman juga? hihihi …Menurut wikipedia, rotiboy ini awal populer dikenal dari Malaysia loh. Terbuat dari adonan roti/bun yang diberi filling butter dan bertopping cookies batter. Biasanya yang sering kita jumpai adalah berperisa kopi, meski sekarang banyak juga…

KBB # 38 – Crispy French Baguette

Menarik sekali tantangan KBB kali ini, membuat Baguette, biasa dikenal dengan roti Perancis atau roti tongkat karena bentuknya yang panjang. Gak enaknya bagi saya adalah tidak ada penggemar jenis roti seperti ini di rumah. Selain itu memang perlu kesabaran dan waktu karena persiapan starter dough dan adonan yang harus difermentasi 3 kali. It means… tidak…

Bolang Baling, Berongga dan Lezaaat…

Sudah lama ingin mengeksekusi resep yang satu ini. Sejak Bapak masih ada hingga sudah almarhum, beliaulah yang memotivasi untuk bisa bikin Bolang Baling sendiri. Kangen Semarang yang lagi banjir ditambah permintaan Taj yang suka dengan bolang baling ini, menjadikan saya menyempatkan bergelut dengan resep dari mbak Windy NCC ini. Mungkin banyak istilah untuk produk satu…

Roti Tawar Gandum

Roti tawar gandum ini dicoba karena tertantang salah satu teman di kantor. Sehat dan patut dicoba. Tidak memakai tepung gandum alias whole wheat flour sebagaimana umunya, namun dikonversikan dari terigu dan bran. Hasilnya? Waw…  hmm .. silahkan coba sendiri  🙂 Roti Tawar Gandum Sumber: “ROTI, Teori & Resep Internasional”, Manfred Lange & BBC Dicoba dan…

KBB33 – Bagels

Tak banyak hambatan dalam pembuatan, meski kelihatannya agak sedikit over proof adonannya, karena saat perebusan jadi gak mulus. Sayangnya … ternyata penikmat bagels di rumah hanyalah diriku seorang. Teksture-nya yang crispy di luar dan chewy di dalam bukanlah roti idaman keluarga saya. Maka…jadilah sang artisan bread ini jadi menu sarapan saya selama 3 hari berturut-turut……

Roti Gambang – Ganjel Rel

Sudah lama ingin mencoba resep roti gambang ini. Semata-mata karena kangen dengan Semarang. Roti gambang juga ada di Semarang, roti jadul. Dalam bentuk kotak, dinamakan “Ganjel Rel”. Mungkin karena bentuknya yang kotak dan teksture kerasnya yang pantas dijadikan sebagai bantalan rel. Lepas dari itu roti gambang alias ganjel rel ini menyimpan nostalgi jaman Opspek, gojlokan,…

Dampfnudela… Lezat Dengan Kucuran Saus Vanili

Sudah lama Buku “Manfred Lange & BBC, Roti – Teori & Resep Internasional” cuma dibaca-baca resepnya. Tiap kali terjun baking di dapur, ujung-ujungnya gak pernah nyobain resep baru. Mumpung ada event NCC Bread Week nih, mau nyobain salah satu atau dua dari buku ini. Dampfnudela, cari-cari kata itu via google gak ketemu. Nemunya kata “Dampfnudel”…

Bun Oreo dengan Metode Pre-Ferment

Tak ingin melewati event NCC kali ini yaitu NCCBW (Natural Cooking Club Bread Week),  mulailah bongkar-bongkar catatan lama dan berkelana di google. Sekalian juga ingin merefresh ilmu lama tentang metode pre-frement untuk rustic bread. Rencananya pre-ferment ini mau dibikin baguette yang nantinya bisa dipotong-potong untuk disajikan sebagai garlic bread kesuakaan anak ragil. Tapi setelah adonan…

Yang Tak Pernah Bosen, Pau

Ditagih janji membuat pau oleh Taj, dan kebetulan dapat tepung Tang Mien dari teman sekantor. Jadilah kali ini puas mencoba resep Pau NCC sesuai aslinya. Setelah sebelumnya bereksperimen dengan Pau tanpa Tang Mien dan Bapao Telo Oren. Pau Sumber: NCC Bahan A: • 400 gr   tepung terigu protein rendah • 100 gr   tepung Tang Mien…

Ondori Pan Cake

Rame di milis NCC ngomongin si Ondori Pan Cake ini. meski sudah nemu resep andalan, hasil modifikasi Pancious Pan Cake, namun tetep saja aku tergoda dengan resep yang disharingkan Dwi Hesti ini. Bagaimana tidak? Praktis dan simpel. Hasilnya pun..tetep menul dan empuk. Nggak percaya? Yuuk..coba sendiri, mudah kok. Ondori Pan Cake Ini resep aslinya: Sumber:…

Bapau Telo Oren

Sabtu sore, jenuh dengan aktivitas kantor yang melelahkan pikiran seminggu ini, membuatku ingin berakrab-akrab dengan adonan. Bongkar dapur dan menemukan masih ada ubi di pojok lemari. Terbitlah ide mencoba bapau telo namun ternyata ubinya bukan ungu melainkan kuning. Gak apalah yang penting penat terlampiaskan dan pikiran segar kembali. Jadilah kuberi nama hasil uprekan kali ini…

KBB#26 – Panettone

Sempet panik karena tidak biasa dengan ukuran cup untuk bikin roti, namun tantangan Panettone ini tertakhlukkan juga. Semula adonan sudah cukup elastis, eee… malah kebanyakan nambah terigunya.. jadilah musti perbaiki adonan dengan nambah sedikit cairan lagi. Meski Panettone nya jadi, ..masih gak puas rasanya.. Lain kali mau coba lagi aaah, dengan resep yang sama maupun…

Roti Tawar Manis

Bukan di Indonesia namanya kalau gak ada namanya roti tawar manis. Aneh ya..bagaimana tidak, namanya tawar kok ada embel-embelnya manis. Hhhhmmm..begitulah.. Aneh tapi nyata. Maklum kita kan penggemar yang manis-manis..:) Ini yaaa yang mau nyobain roti tawar manis, sudah diuji.. oke lho.. Roti Tawar Manis Oleh: Amy Riv Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat roti…

KBB#25 Devonshire Tea (Scones)

Devonshire tea adalah sebuah sajian minum teh khas Inggris yang konon berasal dari daerah Devon, di mana scones disajikan bersama clotted cream dan selai. Clotted cream merupakan krim kental yang kandungan lemaknya sangat tinggi, sehingga tidak banyak dikonsumsi. Scones berasal dari kata sconbrot, merupakan ‘roti’ khas Skotlandia yang pada akhirnya diadaptasi oleh masyarakat Inggris menjadi…

Roti Kismis

Idenya berangkat dari Fruit Cake Bread di Buku Roti nya Manfred Lange dan BBC, cuma terlalu banyak modifikasi niiih, jadi hasil rotinya sedikit kering. Kalau untuk teman minum teh atau susu okelah… Dicelupin hangat-hangat, nikmaaat… Roti Kismis Bahan: Adonan 1 (biang): – 500 gr tepung terigu protein tinggi – 11 gr ( 1 sachet) ragi…

Tips Sukses Membuat Roti

Banyak teman pembaca blog ini yang menanyakan via email, tips khusus membuat roti. Gak ada yang rahasia kok! Di sini aku sharingkan tips sukses membuat roti ala aku. 1. Pastikan menggunakan bahan yang masih baik dan timbang bahan dengan teliti. Jangan sampai ragi yang digunakan sudah kadaluarsa atau ada yang salah timbang. Gunakan resep/formulasi yang…