FAQ

Blog ini didedikasikan untuk sesama pecinta baking dan berbagi informasi rerotian.
Memuat info tentang roti, bahan membuat roti, cara membuat roti, mesin roti, serta informasi dan berita lain yang terkait dengan roti. Semoga membawa manfaat.

Boleh tanya-tanya di halaman ini yaa… πŸ™‚

Β 

Β 

Kerja di rumah!

Advertisements

18 responses to “FAQ

  1. assalamualaikum say, saya mau tanya :
    1. kenapa roti tawar yang saya buat itu suka berpinggang?
    2. roti yang saya buat warnanya tidak sama rata. padahal suhu semuanya sama. saya menggunakan oven rotary.
    3. kenapa roti saya suka bolong2 tengahnya? padahal sudah dilakukan pengempisan adonan atau dibuang gasnya itu ?
    4. roti saya juga kering dan bertekstur beremah. itu kenapa ya?
    dan yang paling parah roti saya mudah berjamur. dan minta tipsnya biar roti tidak mudah berjamur ya.. makasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii banyaak loh mba say, semoga mba say bersedia membalas chat saya ini.. bisa jg menghubungi saya di whatsapp : 089524614234 yaa jika ingin lebih simple hehe maakasii skli lagii

    • Waalaikum salaam mbak Vii,
      1. Roti tawar berpinggang kemungkinan over proofing atau kebanyakan bahan pengembang/pengempuk.
      2. Apakah sudah cek semua sudut oven? Bisa diatasi dengan mengubah posisi. Pastikan adonan roti sudah kokoh dulu di 10-15 menit pertama sebelum membuka oven/ganti posisi.
      3. Ini roti tawarkah? Kalau iya, dan sudah dikempiskan, kemungkinan bolong terjadi saat proses moulding/menggulung adonan sebelum diletakkan di loyang.
      4. Roti kering dan beremah bisa dari banyak hal. Musti cek formula dan proses.
      Apakah formula dan penimbangan sesuai?
      Apakah diaduk hingga bener2 kalis?
      Apakah waktu pengembangan sesuai?

      Roti berjamur. Apakah mbak pakai bahan pengawet.
      Kalau tidak,usia roti cukup 3 hari saja
      Kalau kurang dari 3 hari sudah berjamur, kemungkinan saat penanganan saat selesai memanggang hingga pembungkusan tidak cukup higienis atau ada kontaminasi atau dikemas saat masih hangat.

      Semoga membantu yaa…

  2. Mbak saya mo ty klo sy pakai oven oxone yg adanya api atas api bawah langsung tanpa ada ada api atas klo mo memanggang lapis legit yg hrs memakai api atas aja bagaimana triknya yaaa… Terima kasih.

    • Mbak Helen, maaf saya belum pernah mencoba
      Tapi mungkin bisa dicoba, saat memanggang bagian rak bawah didobeli sehingga loyang tidak sepanas suhu atas.

  3. Assalamu’alaikum mb… Sy mau tanya, sy biasa pakai oven tangkring. Tapi ini mau coba pakai oven listrik. Mohon penjelasan utk memanggang roti/cake/kue kering itu pakai rak yg mana? Api atas/bawah/atas-bawah? Suhunya kira2 berapa? Waktunya jg kira2 berapa menit? Sy pakai oven cosmos. Terimakasih penjelasannya mb.

    • Waalaikum salaam mbak Ulya.
      Cake dan kue kering pakai rak tengah mbak, apinya bawah dulu. Nanti kira-kira 10 menit sebelum selesai, hidupkan api atas juga bersamaan. panggang hingga matang.
      Untuk roti, kalau besar kadang2 hanya cukup di rak bawah. Kalau ukuran medium atau kecil ya tetap rak tengah.

  4. Assalamualaikum. Mbak saya mau nanya, kalo panggang adonan pastry misal merk Edo itu pakai api atas/api bawah/api atas bawah ya. Saya beberapa kali panggang adonan pastry ini pake oven kirin tp gak pernah berhasil. Gemes dan jg bingung sendiri dgn api atas/ bawah atau atas bawah. Hasilnya gak ngembang sempurna, gak renyah, agak keras dan cenderung alot dan gakbisa berlapis2 gitu kaya pastry pd umumnya. Dan juga mohon jawabannya jg tips manggang roti/bolu/kue kering.

    Ohya, dan jg proses pemanggangan saya ini jg lama pake oven kirin, terutama manggang cake2 gt, apa emang harus diputar2 gitu ya roti/cakenya biar matang sempurna… kok kalo liat penampakan cake2 yg dijual itu pada bagus2 permukaannya hahaha πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    Makasih mbak, smg bersedia membalas email saya. Hahaha. πŸ˜‰

    • Waalaikum salaa mbak Meilia, maaf terlambat menjawab πŸ™‚
      Untuk pastry dengan oven Kirin pakai api atas bawah mbak. Kalau hasil nggak mengembang sempurna biasanya karena suhu pemanggangan kurang tinggi.
      Memangganga roti, bolu, kue kering dengan api bawah namun di 10 menit terakhir dengan api atas bawah. Kecuali untuk produk berukuran kecil/roti unyil, langsung api atas bawah.
      Sejauh ini saya memanggang dengan Kirin kalau untuk roti dan cake nggak harus diputar-putar tuh. Kalau untuk kue kering, iya, sekali dua kali, untuk menyeragamkan warna.

  5. Mba..aq pake oven listrik oxone, pilihan yang ada api bawah, api atas-bawah. Dan engga ada pilihan khusus api atas saja. Nah pertanyaan saya kalo utk panggang cake atau bolu dirak bawah atas atau tengah ya? Trus apinya bawah saja atau atas bawah sekaligus?. Bbrp x saya bikin cake atau bolu, pake api bawah saja dan di rak tengah, bolunya matang sih, tapi lama, bisa lbh 50 menit, trus atasnya tetap basah engga kering, pdhal cake sdh matang, jd ketika dibalik dipiring bagian atasnya lengket dipiring mba. Mohon pencerahannya mba :d

  6. as salam.mohon bantuan..knapa roti pintal piza saya keras..adakah mgkin Sb.saya guna bawah dahulu..pastu dah nk masak Baru guna api atas.atau adunan saya letak minyak je DLM adunan x letak majerin.tq

  7. Ass mbk…slam kenal yc…mo tny2 nic…klo misal bt kue kering baiknya pke api atas / api bwah ?? Klo smacam roti bolu gtu pke api ats / bwh ? Skalian mo minta djelasin msing2 yg dmsak pke api ats ap aj, api bwah u/ bkin ap aj n klo api ats bwh itu u/ bkin ap mbk ??
    maaf yc mbk…byk bgt tnya..soalnya msh blajar sic.. Thanks bgt infonya…

    • Kue kering: api atas dan bawah. Bolu: api bawah, 10 menit sebelum selesai hidupkan juga api atas. Kecuali untuk bolu tipis yang akan dipakai untuk bolu gulung, makai api atas dan bawah.
      Settingan ini cocok untuk oven listrik skala rumahan. Kalau yang besar, sudah langsung api atas dan bawah sama2 hanya adjust di suhu. Semuanya tergantung dari tipe oven masing2 dan yang penting bagaimana mengenali oven dengan baik. Caranya dengan sering2 dicoba untuk memanggang. Lama2 akan paham mana yang pas. Happy baking ya..

  8. Ass. Mba…, wah saya jadi ingin mencoba resep rotinya, tapi saya hanya punya oven listrik oxone, cara pengaturannya gimana ya Mba? api atas, api bawah atau dua2 nya (atas bawah)? trimakasih sebelumnya

    • Waalaikum salaam.. Mbak Listy, tergantung produk rotinya ya:
      – roti besar: api bawah dulu, nanti tambah api atas setelah kira2 10 menit sebelum matang.
      – roti kecil (bun/roti unyil): api atas bawah bersamaan.

  9. salam kenal mbak.. saya suka membuat roti.salah satunya roti boy. alhamdulillah, rasanya udah sama dgn yg di mall2 :)tapi koq topingnya dibiarkan beberapa jam jadi agak basah ya..
    itu kenapa mba?

    • Salam kenal juga πŸ™‚ Thanks sudah berkunjung. Toppingnya jadi agak basah kemungkinan waktu mengoven kurang kering.

Tuliskan pesan/komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s