Soes Vla Cheese Choco

Lagi mood n tergelitik ikutan memeriahkan Soes Week NCC nih… Kebetulan suami penggemar soes dengan vla vanilla, so jadilah minggu kemarin bersoes ria. Karena minggu sebelumnya nyoba resep NCC gagal dengan suksesnya (walah bahasa apa nih?), maka jadilah minggu ini masih penasaran dengan resep NCC but aku modifikasi. Ini resepnya. Soes Vla Cheese Choco (Resep…

Surprise BDCK Buat Seorang Teman

Sohib di Cilacap ultah hari ini. Beruntung dapat teman baru di Purwokerto, Mbak Hanni, yang bantuin bikin n kirim BDCK sesuai permintaan. Base cakenya lapis Surabaya kotak. Jadinya cake kotak berpagar coklat dengan 4 pink roses serta foto yang dilaminating. Thanks buat Maneki Kitchen n buat yang ultah di Cilacap, semoga senang ya… Panjang usia…

Brownies Kukus Keju

Brownies Kukus Keju dikukus dengan rice com Minggu kemarin ditodong Taj buat bikin kue yang pakai rice com. Kepinginnya nyoba yang dikukus-kukus gitu. Kebetulan di milis lagi rame berseliweran nyoba brownies kukus keju-nya Nia Radin Cake. Bikinnya malam-malam, Taj dah tertidur saat nungguin si brownies mateng. Finally esok paginya sudah habis ga sampe sore. Rasa…

PennyLane’s Brownies

Nyobain resep brownies yang satu ini aah… PennyLane Brownies. Habis penasaran ama hasil yang crispy n retak di luar tapi basah menggigit di dalam. Eh.. ternyata beneran lho. Sayangnya foto kali ini amatiran banget deh. Bikinnya malem-malem n langsung diambil gambarnya. Besoknya lupa deh ambil gambar lagi keburu habis, ternyata oh ternyata fotonya gak bagus….

Cermati Kehalalan Bahan Baking

Kita yang hidup di Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim sering menganggap bahwa makanan di sekitar kita yang tidak mengandung babi pastilah halal. Roti dan kue yang biasa kita beli sehari-hari kita pikir halal dan aman-aman saja, apalagi penjual dan pembuatnya toh muslim juga. Tapi.. oopss, benarkah demikian? Coba deh kita lihat bahannya ya? 1. Tepung…

Mengenal Yoghurt

Jengah minum yoghurt karena takut gemuk? Karena yoghurt adalah produk olahan dari susu? Eits… tunggu dulu… bagi perempuan yang rentan terhadap osteoporosis n gak suka minum susu, mungkin yoghurt ini bisa jadi pilihan lho, mengingat sekarang yoghurt tampil dengan aneka rasa dan bentuk, dari rasa buah-buahan dan sejenisnya hingga bentuk frozen yoghurt (fro-yo) yang lagi…

Membuat Mie

Salah seorang teman di milis ada yang nanya jenis tepung apa yang cocok untuk membuat adonan mie. Jenis tepung yang bisa dipakai adalah tepung terigu yang proteinnya tinggi atau sedang. Bedanya bila pakai yang protein tinggi maka mie yang dihasilkan lebih kenyal sedangkan dengan terigu protein sedang hasilnya lebih lunak. Bisa juga dengan mencampurnya dengan…

Mengenal Pabrik Terigu di Indonesia

Mau lebaran nih… biasanya terigu jadi laris manis n kita-kita jadi belepotan terigu karena sibuk bikin kue kering n cake buat lebaran. Ngomongin terigu di Indonesia … orang selalu menyebut Bogasari produsennya. Emang sih dengan total kapasitas 15.900 ton giling gandum/hari n jumlah karyawan yang mencapai 4.000 orang, jadilah Bogasari industi terigu pertama n terbesar…

Kangen Tongseng

Secara sayanya sejak domisili di Jatim gak pernah ngrasain tongseng, jadi ngidam deh makan tongseng kambing. Saking kangennya jadi luangin waktu buat masak sendiri (hik..hiks..) buat berbuka puasa minggu kemarin. Hasilnya not bad, tapi masih belum menghilangkan kangenku. Inginku yang rasanya pedes menggigit itu loh. Duh Bu Fat (NCC) bikinin resep buat tongseng pedes dong…..

Tepung Whole Meal

Whole wheat flour atau whole meal flour (British term) atau dalam bahasa kita sering disebut tepung whole meal adalah tepung yang dibuat dengan cara menggiling keseluruhan biji gandum termasuk germ dan kulit/brannya. Warnanya lebih gelap/kecoklatan bila dibandingkan dengan tepung terigu biasa. Tepung whole meal digunakan dalam baking, tetapi biasanya ditambahkan ke dalam tepung terigu untuk…

Gak Ikutan Puding Week NCC

Bulan Maret ini seharusnya jadual bikin puding di NCC alias Puding Week NCC,  tapi badan kayaknya sudah  serasa “nafsu besar tenaga kurang” deh, he..he.. Secara sayanya lagi fokus nih menggarap project internet marketing, masih baking related sih, makanya enjoy-enjoy aja.  Trus perut ni juga tambah ndhut, udah  8 bulan (gak sabar nunggu “time for take…

Rahasia Sukses Membuat Donat Kentang

Tips ini saya kutip dari bu Fatmah di websitenya NCC, biar gak lupa n gak perlu nyari-nyari kalau perlu ntar. So.. apa sih rahasia suksesnya membuat donat kentang yang pasti uenak…? Membuat donat sesungguhnya sangat mengasyikkan! Asalkan kita memberi perhatian khusus pada beberapa hal, Insya Allah, donat akan bundar cantik, dan lezaaat…. * Siapkan semua…

Donat Week NCC (Donat Kentang)

Menepati janji minggu kemarin, minggu ini giliran nyobain resep donat kentangnya bu Fatmah NCC nih. Bikinnya cuman separoh resep., jadi 14 donat @ 50 gram adonan. Alhamdulillaah… puas karena adonan bisa betul-betul kalis n “developed”. Sayangnya sedikit overproof soalnya pas jatahnya menggoreng, masih nyambi sama pekerjaan rumah yang lain. He..he.. Rasa.. empuk. Laris manis deh…….

Donat Week NCC (Donat ala J’Co)

Heboh donat week di milis NCC, jadi ngiler buat ikutan nih. Kalo rata-rata temans NCC laporannya pada bikin donat kentang, sayanya terpikat buat nyobain Donat J’Co nya yang ala NCC juga dong. Donat Ala J’Co NCC :: Penulis : Fatmah Bahalwan Bahan A: 850 gr tepung terigu “Cakra” / tepung terigu Jepang (Komachi) — saya…

Resep Roti Tawar

Ada teman suami menanyakan tentang resep membuat roti tawar. Jadi pengin posting nih, secara sayanya juga dah kangen karena lama rasanya gak bikin roti tawar sendiri. Hampir 2 tahun ini kalau perlu roti tawar cuman beli aja, padahal rasa n tekstur yang standar bisa saya dapat dengan resep roti tawar berikut ini looh….. Bahan –…

Mixer Impian

Ini dia mixer impian saya, Kitchen Aid K55SSWH. Saya pernah pakai dia 6 bulan semasa training di Sabah Malaysia. Duluuu sekali, sudah 10 tahunan lewat. Moga-moga cepet kesampaian ya….

Kangen Baking

Sekian tahun berkutat dengan pekerjaan baking n terhenti 2 tahun ini, rasanya kangen juga ya..hhmm…. Sebenarnya sih saya kepingin juga berbaking ria di rumah seperti dulu di Cilacap. Namun kepindahan ke Gresik yang disusul dengen serentet ujian memaksa saya melupakan sejenak aktivitas baking di rumah. Oven andalan seharga 65 ribu dulu toh juga gak saya…