Bolang Baling, Berongga dan Lezaaat…

Sudah lama ingin mengeksekusi resep yang satu ini. Sejak Bapak masih ada hingga sudah almarhum, beliaulah yang memotivasi untuk bisa bikin Bolang Baling sendiri. Kangen Semarang yang lagi banjir ditambah permintaan Taj yang suka dengan bolang baling ini, menjadikan saya menyempatkan bergelut dengan resep dari mbak Windy NCC ini. Mungkin banyak istilah untuk produk satu…

Salad Buah

Arisan di perumahan 2 bulan lalu diisi dengan kegiatan membuat Salad Buah bersama-sama. Resepnya sih suka-suka tapi kurang lebih seperti ini lah. Sengaja saya catat supaya tidak lupa, karena rasanya sudah pas dengan selera keluarga. Salad Buah Bahan: – Melon 1 buah – Apel  4 buah – Pear 4 buah – Strawberry 4 buah –…

KBB#37 – Gingerbread House

Baru kali ini nih ngerjain tantangan KBB yang bener-bener SKS an. Sistem Kebut Sehari, hihihi… Karena kesibukan tiada tara (ihhh yang sok sibuk), maka pagi tadi sebelum ngantor, nguleni dulu adonannya. Adonan menurut saya crumbly tapi di milis teman-teman bilang it’s oke. Gak sempet menganalisa lebih lanjut karena waktu yang mepet. Lalu eksekusi membuat pola,…

Bolu Kukus Pandan 10 Menit

My Kania, si bungsu saya lagi sakit cacar air. Bawaannya sedikit rewel dan manja. Di lidah malah sudah ada bintil cacar atau entah sariawan, jadilah makannya terhambat meski nafsu makannya lagi bagus. Semalam sebelum tidur, kami buka-buka buku resep NCC dan Kania langsung meminta untuk dibuatkan kue bunga hijau yang ada di dalam buku itu….

Choco Nutella Brownies in Cup

Cokelat selalu jadi favorit di rumah. Kebetulan juga punya Nutella, si selai hazenut cokelat. Hunting resep yang praktis di internet, ketemu link ini.  Sudah konversi satuan ke metrik, namun ternyata setelah dicoba nggak pas. Jadilah resep ini sudah saya modifikasi sesuai selera. Hasilnya? Brownies yang yummy, legit dan cukup empuk untuk sebuah resep tanpa mixer….

KBB#36 – White KBB 6th Birthday Cake (2007-2013)

Decorating cake is not my passion. Tapiii… berkat Tantangan KBB pula lah saya jadi bergumul ria dengan modelling fondant. Mengerjakan tantangan di last minute, bener-bener seperti mahasiswa yang belajar dengan cara SKS (sistem kebut semalam). Kelihatannya kalau melihat teman-teman nguleni dan menghias cake dengan fondant kok asyik dan fondant itu nurut ke mereka. Tapi kalau…

Puding Roti Pandan

Ini ke tiga kalinya dalam bulan puasa kali ini bikin puding roti kukus. Kebetulan si kecil yang masih TK belum puasa dan selalu minta roti tawar untuk bekal sekolah. Berhubung yang lain puasa, maka jadilah nasib roti tawar jadi gak laku. H-1 sebelum expired adalah saat yang tepat memanfaatkan sang roti  menjadi puding roti… 🙂…

Puding Roti Choco

Puding Roti Kukus Sumber: Vemale.com dengan modifikasi Bahan: – 6 lembar roti tawar – 2 butir telur, kocok lepas –  250 ml susu UHT – 50 g gula –  1 sdm margarin dicairkan –  Coklat chips secukupnya Cara membuat: 1. Sobek-sobek roti tawar sesuai selera. Tuangkan susu dan aduk hingga semua bagian roti terendam susu….

Roti Tawar Gandum

Roti tawar gandum ini dicoba karena tertantang salah satu teman di kantor. Sehat dan patut dicoba. Tidak memakai tepung gandum alias whole wheat flour sebagaimana umunya, namun dikonversikan dari terigu dan bran. Hasilnya? Waw…  hmm .. silahkan coba sendiri  🙂 Roti Tawar Gandum Sumber: “ROTI, Teori & Resep Internasional”, Manfred Lange & BBC Dicoba dan…

KBB 34 Made in Indonesia, Bika Ambon

Bukan Klub Berani Baking namanya kalau tak menampilkan resep yang biasanya justru selalu saya hindari. Tak bedanya kali ini. Bika Ambon… Selalu suka larak lirik resep tapi tak punya kemauan (tepatnya malas ya..hihi..) untuk segera mencobanya. Okelah berhubung jadi tantangan kali ini. Siapa takut? Karena takut gagal, maka saya hanya bikin setengah resep. Heboh waktu…

KBB33 – Bagels

Tak banyak hambatan dalam pembuatan, meski kelihatannya agak sedikit over proof adonannya, karena saat perebusan jadi gak mulus. Sayangnya … ternyata penikmat bagels di rumah hanyalah diriku seorang. Teksture-nya yang crispy di luar dan chewy di dalam bukanlah roti idaman keluarga saya. Maka…jadilah sang artisan bread ini jadi menu sarapan saya selama 3 hari berturut-turut……

Classic Cheese Cake Favorit Ibunda

Classic Cheese Cake alias Bolu Keju Jadul ini kesukaan ibu saya. Maka kalau beliau pas ada di Gresik atau saya mudik, selalu disempat-sempatkan membuatnya. Mudah kok… Resep andalan saya NCC punya ..:) Classic Cheese Cake Sumber: Fatmah Bahalwan NCC Bahan: – 200g gula pasir halus – 300g mentega/margarine – 7 btr kuning telur (saya pakai…

KBB32 – Japanesse Roll Cake

Fiuuuuh..kalaulah bukan karena KBB, manalah daku menyempatkan diri membuat cake satu ini? Teknik pembuatannya sih..siapa takuut? Hanya ribetnya itu looh, sepertinya memang bukan passion dan ketelatenanku di situ. Proses pembuatan berjalan lancar. Hanya saja… hiks.. motif di JRC (Japanesse Roll Cake)-ku terkelupas, motif cinta nya yang pink tak nampak lagi. Yang tertinggal hanya kuning polkadotnya….

Onde Onde Merekah

Pertama bikin kue ini adalah waktu masih kerja di Cilacap dulu. Nyobain di laboratorium bakingnya, kami beri nama Golden Smile. Nyari-nyari resep lama nggak ketemu, akhirnya aku pakai saja resep NCC yang banyak beredar di internet. Golden Smile, Onde Onde Ketawa, Onde Onde Tertawa.. apapun itu penampakannnya sama. Kali ini aku bikin setengah resep, diberi…

Blonde Brownies

Yang namanya brownies sebenarnya adalah mengandung coklat, kan dari asal kata “brown”. Naah..resep ini sebagian menggunakan white cooking chocolate, jadi tidak tepat kalau disebut brownies, meski bisa disebut brownies kukus keju. Sepertinya nggak salah kalau resep ini kita namakan Blonde Brownies yaaa..:) Blonde Brownies Ide resep: NCC – dimodifikasi oleh Amy Bahan: • 4 butir…

Makaroni Skotel

Makaroni skotel ini lumayan sering aku buat, namun selalu terlupa untuk didokumentasikan. Kali ini karena anak-anak libur sekolah, maka bersiap-siaplah sang ibu setiap hari terjun ke dapur untuk menyiapkan cemilan di rumah lebih heboh dari biasanya…:) Dan… macaroni skotel ala Ine ini pun masuk dalam daftar kudapan. Hhhhmmm… kali ini belum sempat dipoles topping saus…

Roti Gambang – Ganjel Rel

Sudah lama ingin mencoba resep roti gambang ini. Semata-mata karena kangen dengan Semarang. Roti gambang juga ada di Semarang, roti jadul. Dalam bentuk kotak, dinamakan “Ganjel Rel”. Mungkin karena bentuknya yang kotak dan teksture kerasnya yang pantas dijadikan sebagai bantalan rel. Lepas dari itu roti gambang alias ganjel rel ini menyimpan nostalgi jaman Opspek, gojlokan,…