Yeast Waffle

Di postingan sebelumnya sudah tayang wafel yang crispy, lembut dan ringan. Posting kali ini adalah tentang wafel yang crispy, tetap lembut tapi teksturenya padat mengenyangkan. Silahkan pilih mana deh yang pas dengan selera. YEAST WAFFLE Dimodifikasi dari http://www.kingarthurflour.com/recipes/belgian-style-yeast-waffles-recipe Hasil: 4×4 buah wafel, Belgian-style (deep-pocket) diameter cetakan 17cm. Bahan: – TERIGU protein sedang 2 cup (300g)…

Crispy Waffle

Gegara dapat tugas…eh tepatnya sih pertanyaan, tapi karena yang nanya bu Boss di kantor ya jadi wajib menjawab. Meskipun pernah bikin wafel sebelumnya, namun tidak tercatat dengan baik hasilnya. Naah yang ini musti spesial dong. Tidak langsung menjawab pertanyaan tapi perlu dipraktekkan ulang terlebih dahulu, mengingat ada berbagai resep dan jenis wafel beredar di luaran…

Roti Tawar Gandum

Lamaaa nggak nge-baking gegara manajemen waktu yang sangat ketat sehingga harus memangkas kegiatan yang kurang penting. Bukan berarti lantas baking jadi tidak penting bagi saya, namun musti pandai mengatur biar badan tetap fit. Lalu tiba-tiba mendapat tantangan dari boss di bulan puasa ini. Fiuh..baking nya sih seneng tapi urusan cuci mencuci gerabah itu yang membuat…

Review Whole Slow Juicer Kuvings B6000

Memenuhi janji mereview slow juicer saya yang baru setelah 10 bulan saya memakai Whole Slow Juicer Kuvings. Dipakai setiap hari dan di bulan puasa ini malah sehari 2 kali, karena kami minum jus buah saat buka dan sahur. Secara umum puaaass banget memperbudak si merah cantik ini. Kalau melihat tampilan fisik dibandingkan dengan Slow Juicer…

Review Slow Juicer OMI SJ1

Lama tidak menulis review-review an, kali ini mau mereview gadget dapur andalan hidup sehat, Slow Juicer. Sejak mulai belajar menerapkan pola makan Food Combining alias FC dua tahun lalu, mupeng sangat deh dengan yang namanya slow juicer. Jus yang dihasilkan jelas lebih sehat karena diproses dengan rpm yang rendah. Kalau baca-baca di group FC, merk…

Pukis Mocaf

Lagi senang bereksperimen dengan tepung MOCAF (Modified Cassava Flour) nih.  Sepertinya untuk produk cake bisa menggantikan terigu 100%. Baik penampilan maupun rasa dan tekstur-nya. Eh…ada sedikit bedanya, teksture lebih legit sih kalau menurut saya. Kali ini dicobakan di produk pukis empuk. Maka jadilah bekal sekolah anak-anak pagi ini adalah PUKIS MOCAF. Berani mencoba? Pukis Mocaf…

Brownies Kukus Mocaf

Percobaan pertama menggunakan tepung MOCAF (modified cassava flour). Apaan sih tepung mocaf itu? MOCAF adalah produk tepung dari singkong yang diproses menggunakan prinsip memodifikasi sel singkong secara fermentasi. Kenapa harus emmakai Mocaf? Yes.. substitusi terigu. Diperlukan untuk alasan kesehatan dan secara ekonomis juga diversifikasi pangan. Brownies Mocaf Kukus ini hampir tidak terasa bedanya, teksture lebih…

Kue Lumpur Ubi

Anak-anak memang moody. Awalnya kelihatan suka banget dengan ubi cilembu yang dikukus. Akhirnya beli deh 1 kg ubi cilembu mentah di supermarket. Separonya dikukus langsung habis. Dua hari kemudian lanjut kukus sebagian yang tersisa, eee..malah ga habis-habis. Hhhhmmmm..sampai dipanasin keesokan harinya pun sang ubi masih betah bertengger di piring saji. Daripada mubadzir, cari ide resep…

Wheat Grass – Rumput Gandum – Superfood

Akhir tahun lampau saya dan teman-teman satu bagian di kantor bikin project iseng bermanfaat. Setiap hari bergulat dengan biji gandum mengapa tidak mencoba membuat jus rumput gandum yang vitaminnya fenomenal itu? Rumput gandum alias wheat grass nya ini yang kami jadikan percobaan untuk menanamnya sendiri. Berbagai sumber di internet pun ditelusuri. Banyak sumber yang rata-rata…

Pisang Molen Khas Indonesia

Ini sebenarnya adalah tantangan#44 Klub Berani Baking bulan ini. Tapi karena lagi rempong jadi nggak bisa ngerjain hingga last minute. Baru bisa ngerjain hari ini. Meski gagal lapor dan nggak dapat logo lulusnya, tapi tetep bisa dong merasakan sensasi bakingnya. Daan… yang penting anak-anak suka. Dari hasil 20 buah tadi siang, saat saya posting malam…

KBB#43 : Mexicans Buns aka Rotiboy

Tantangan Klub Berani Baking (KBB) kali ini adalah Mexican Buns aka Rotiboy. Kenapa ya namanya “rotiboy”? apakah ada rotiman juga? hihihi …Menurut wikipedia, rotiboy ini awal populer dikenal dari Malaysia loh. Terbuat dari adonan roti/bun yang diberi filling butter dan bertopping cookies batter. Biasanya yang sering kita jumpai adalah berperisa kopi, meski sekarang banyak juga…

Kue Spiku Khas Gresik

Beberapa bulan lalu dikirimi tetangga yang baik hati, gegara saya banyak nanya tentang kue-kue tradisional Gresik. Kue spiku Gresik yang menurut beliau termasuk istimewa dan hanya dibeli dengan cara memesan terlebih dahulu. Dari uji sensori saya, kue ini tentu saja berasa manis. Terdiri atas 3 lapisan, kuning-coklat-kuning. Dengan taburan dan isian kacang kenari sangrai, berbau…

Chicken Drumstick Cola Cabana – Ayam Cola

Ayam Cola satu ini meniru Spicy Chicken Wings ala Pizza Hut. Resepnya dapat dari mbak Vita NCC. Sering jadi andalan saya. Cepet dan simple masaknya. Dan yang gak kalah penting anak-anak suka. Beredar resep ayam cola yang lebih simple juga di milis, kapan-kapan saya coba. Untuk saat ini sudah terlanjur cinta sama resp yang berikut…

KBB#40 – Savoury Bake, Shepherd’s Pie

Tantangan Klub Berani Baking kali ini mudah dan simple. Yang jadi pertanyaannya adalah siapa yang doyan pie seperti ini di rumah? Hihi… maklum resepnya bule sekaleee…. Karena itulah saya hanya membuat sepertiga resep dari aslinya. Berhubung kesulitan mendapatkan daging domba, maka dipakailah daging sapi. Harusnya sih kalau pakai daging sapi namanya bukan Shepherd’s Pie ya?…

KBB#39 – Made in Indonesia, Lapis Legit

Menyelesaikan tantangan Klub Berani Baking kali ini sangat seru. Pengalaman pertama daaan cukup tidak memuaskan hasilnya, hihi…. Bagaimana tidak, lapis legit saya tidak begitu kelihatan lapis demi lapisnya. Belum tau nih sebabnya apa. Kurang tipis kah per layernya atau kurang nekan dan olesan mentega waktu menuju lapis berikutnya, atau kurang kering memanggang lapis demi lapisnya?…

Pukis, Tetap Empuk Meski Dingin

Kali ini gara-gara lagi belanja terus terpesona lihat cetakan pukis yang teflon. Jadilah tuh cetakan masuk keranjang belanja, hihi.. Dan pagi ini pun langsung dicobain. Meski Sabtu ngantor.. sempetin sejenak siapin kudapan buat anak-anak yang libur sekolah. Biasa bikin pukis sih, tapi pakai cetakan kue lumpur. Alhasil anak-anak sering nggak mengganggap itu pukis gara-gara bentuknya…

KBB # 38 – Crispy French Baguette

Menarik sekali tantangan KBB kali ini, membuat Baguette, biasa dikenal dengan roti Perancis atau roti tongkat karena bentuknya yang panjang. Gak enaknya bagi saya adalah tidak ada penggemar jenis roti seperti ini di rumah. Selain itu memang perlu kesabaran dan waktu karena persiapan starter dough dan adonan yang harus difermentasi 3 kali. It means… tidak…