Roti

Resep Membuat Roti Tawar

Dulu sudah lama sekali ada seorang kawan suami yang tanya resep membuat roti tawar. Kelihatannya gampang tapi kok banyak kendala. Padahal cuma roti tawar lo. Sebetulnya resep roti tawar ini sudah ditulis di blog suami. Lucunya posting tentang resep roti tawar ini malah menduduki top visitor di sana. Lha dasarnya suami orang IT, cengegesan tok kalo ada yang tanya soal posting itu. Lalu saya pikir mending saya tulis di sini aja biar kalo ada yang tanya bisa saya sendiri yang jawab, bukan orang IT hehehe.

Bahan – bahan yang diperlukan untuk resep roti tawar yang sederhana adalah:
1. Tepung terigu protein tinggi 1 kg
2. Ragi instant 15 gram
3. Gula pasir 60 gram
4. Mentega putih 60 gram
5. Garam 15 gram
6. Susu bubuk 40 gram
7. Air dingin 630 ml

Susu bubuk bisa saja diganti dengan susu kental manis. Cuma anda wajib masukkan perhitungan jumlah air di point 7 menyiasati air di SKM (susu kental manis). Nanti kalo kelebihan air maka adonan roti tawar anda akan lebih lembek dari seharusnya.

Cara membuat  roti tawar:
1. Masukkan tepung terigu protein tinggi, ragi instant, gula pasir, dan susu bubuk, aduk hingga rata. Menambah lagi susu bubuk akan membuat roti tawar berbau semakin harum dan menggoda.
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit dan aduk hingga adonan agak kalis.
3. Tambahkan mentega putih dan garam, terus aduk hingga adonan kalis.
4. Bulatkan adonan bakalan roti tawar itu dan istirahatkan selama 10 menit.
5. Bagi adonan @ 450 gram dan biarkan selama 15 menit.
6. Adonan dibentuk roti tawar dan letakkan di loyang roti tawar yang
sudah dioles margarin.
7. Biarkan adonan mengembang ( + 90 menit ).
8. Panggang hingga matang, berwarna kuning kecoklatan (untuk suhu= 200 C dipanggang selama 20 menit).

Mengenai tepung terigu, hasil terbaik resep roti tawar ini adalah menggunakan tepung terigu berkadar protein tinggi. Beberapa merk tepung terigu yang ada di pasaran dengan kadar protein tinggi yang sesuai untuk resep roti tawar ini adalah di antaranya:

1. Panganmas Cilacap: Kantil
2. Bogasari Surabaya: Kereta Kencana
3. Sriboga Semarang: Tali Emas
4. Bogasari Jakarta: Cakra Kembar
5. Eastern Pearl Makassar: Gerbang

Sebetulnya masih ada beberapa hal yang bisa ditambahkan supaya roti tawar yang kita buat bisa semakin semog dan sexy yang disukai anak-anak. Tapi sebagai pembuka, resep roti tawar ini sudah cukup memadai untuk mengatasi problem gawat darurat kelaparan di rumah.

Selamat mencoba.

83 thoughts on “Resep Membuat Roti Tawar”

  1. Mbak, kok sy pake cakra kembar ato segitiga biru jadi bantet ya ? pas pertama nyobain merk lain hasilnya memuaskan. sy bikin biang dulu dg ragi bruggman, juga pake bread improver. apa karena pengaruh bread improver ? sy aduk selalu pake tangan dan selalu ditutup pake plastik. pas mau gagal kelihatan bahwa si adonan tidak mengmbang. apa salahnya ya ?

  2. Mba saya mau tanya cara menghitung jumlah adonan roti tawar dgn loyang roti tawar agar pas tdk meleber keluar loyang…saya 3 kali mmebuat roti tawar dgn loyang tutup pas dioven kok adonan keluar tapi ya tdk banyak cuma kan hasilnya jd jelek..mohon penjelasannya ya mba terimakasih

    1. Mbak Maria, ada rumus yang biasa digunakan oleh para baker, saya pernah tulis di blog saya yang lain
      http://membuatroti.info/menentukan-berat-adonan-roti-dalam-loyang/
      1. Untuk roti tawar loyang terbuka (open top) –> Berat adonan = volume loyang dibagi 4,5
      2. Untuk roti tawar loyang dengan tutup (sandwich) –> Berat adonan = volume loyang dibagi 5,2

      Volume loyang, diukur berdasarkan panjang, lebar, dan tinggi loyang.
      Contoh untuk ukuran loyang 12,5 × 12,5 x32 cm, maka
      1. Berat adonan roti tawar open top = 1100 gram
      2. Berat adonan roti tawar sandwich = 960 gram

      Faktor/angka 4,5 dan 5,2 diperoleh dari percobaan. Bila tidak puas dengan hasilnya, maka berat adonan ini bisa disesuaikan, ditambah ataupun dikurangi. Misal tekture roti terlalu jarang, maka berat adonan ditambah. Atau sebaliknya bila teksture roti terlalu padat, berat adonan dapat dikurangi.

      Semoga membantu ya.

  3. Mbak, kalo bikin roti tawar tanpa penambahan ragi gimana yaa? Trus tepungnya ga pake tepung terigu, pakenya tepung bebas gluten. Saya mau bikin roti buat autism soalnya. Minta sarannya mbak 🙂

    1. Bisa mbak Miqdad, tinggal dihilangkan saja ragi dan tepung diganti.
      Tentunya hasil tidak 100% sama ya dibandingkan memakai terigu dan ragi.
      Volume lebih kecil dan roti lebih keras.

  4. Mbak. Saya mau membuat roti tawar. Tp bermerk kompas dari eastern pearl makasar. Apakah tepung ini bagus untuk buat roti tawar. Dan kalau saya menggunakan air hangat apakah bisa bagus hasilnkasihya. Terima kasih

    1. Kompas itu protein sedang Pak Cakdhoel. Sebaiknya gunakan yang protein tinggi seperti Cakra Kembar atau Gunung. Penggunaan air hangat tergantung suhu lingkungan saat proses pembuatan. Kalau udara sudah hangat atau panas tidak perlu Pak karena akan terlalu cepat mengembang. Sebaiknya justru dengan air dingin. Bapak memakai ragi instan kan?

    1. Maksudnya adonan ya? 1 resep dengan 1 kg terigu ini adonannya kurleb 1,8 kg.
      Kalau untuk adonan 2 kg basis ke tepung 1,1 kg

  5. aromanya enakan yg pke mentega atau margarin ya mba? mav byk nanya, mklum baru pemula 🙂 thanks before ya mba hehe

  6. mba, klo misalnya mentega/mentegaputih/shorteningnya diganti pake margarin gimana? kira2 bedanya sama yang make mentega itu apa ya?. mohon jawabannya segera. thanks before.. 🙂

  7. oya resep yg aku gunakan jg hanya menggunakan minyak 1 sdk makan utk 500 gr cakra kembar, jd gak pake mentega mb, jd harum nya jg kurang enak 😦 mohon saran nya ya mb, makasih 🙂

  8. hai mb, salam kenal…..
    mau tanya mb, kl bkn roti tawar dng menggunakan bread maker kok rotinya padat dan pinggiran serta atasnya kering dan keras ya? padahal aku dah setting yg light, atasnya sih putih tp keras dan kering.
    trus semua kan bahan langsung dicempulngkan jd 1, dan tdk menggunakan air dinggin. Apakah itu penyebab nya? karena semua bahan dituang semua jadi 1 diawal? dan teksture nya gak rata ada yg lembut ada yg padat. Maklum ini pertama kali sy bkn roti tawar, jd msh trial n error hehehe….mohon sharingnya, terimakasih

    1. Salam kenal juga mbak Astria. Bikin roti tawar dengan breadmaker memang kadang2 seperti itu. Karena breadmaker kan setelan otomatis. Sedangkan roti terutama saat adonan itu perlu pas indikasinya apakah sudah benar-benar kalis atau belum. Kemungkinan saat breadmaker berhenti mengaduk, adonan masih harus lanjut hingga bener2 kalis.
      Bisa jadi minyak yang hanya 1 sdm kurang. Pakai saja mentega.
      Saran saya sih meski punya breadmaker, sesekali coba di proses mengaduk, adonan diambil manual dan ditest dengan tangan kekalisannya. ehhe…bisa gak ya..maaf saya ga punya breadmaker sih jadi belum tau.
      Resep dasar roti tawar adalah yang seperti tertulis. Untuk lebih enak dan gimana2nya memang bisa dimodif sendiri asal sudah bisa tahu pattern-nya.
      Selamat mencoba lagi ya..:)

  9. Hi Mbak,
    nih saya lg bljr buat roti, kmrn liat ada resep cinnabon en coba buat, en utk adonan saya nguleni pk tgn, tp wkt klr tu roti padat en keras… kok bs ya? apa saya terlalu lama ngulen nya? pdhl tu adonan kembang smpe double lor.. tepung yg saya pake itu namanya unbleached bread flour, ada rencana utk pk all purpose flour, tp blm ada ksmptn… trs saya smpe di blog mbak, en mau cb bt sesuai resep mbak, mslhnya, tepung terigu berprotein tinggi itu bread flour atau all purpose flour? maklum mbak, saya tinggal di luar indo… 🙂 thanks ya…

    1. Hai mbak Titin, salam kenal. Roti padat dan keras, kemungkinan waktu nguleni belum kalis benar. Kalau terlalu lama nguleni itu ciri2nya, adonan jadi lengket yang kalau ditarik memanjang gitu, dan susah sekali ditangani. Rotinya juga ga bisa ngembang karena gluten sudah rusak. Mbak sudah bener pakai unbleached bread flour untuk roti, bedanya dengan bread flour biasa hanya di pemutih/oxidizing/pematang tepungnya. Jadi protein tinggi itu bread flour. all pourpose flour itu kalau di Indonesia adalah protein sedang, misal Segitiga Biru.

  10. maaf mba, saya juga baru belajar bikin roti tawar, 2 kali saya nyoba 2 kali juga mixer rusak (korslet) sampe terpaksa beli mixer baru n dicobain rusak lagi, jadi apakah kita harus pake mixer seperti toko roti itu? waktu itu saya pake mixer stand biasa. Kemaren saya nyoba pake tangan tp hasil akhirnya roti keras diatasnya n dalamnya ga terlalu halus, dalam 3 hari udah trasa kering n kasar. oya mbak, share resep muesli whole grain bread dong mbak kalo ada..
    Trimakasih sebelumnya.

    1. Awal-awal saya belajar bikin roti di rumah juga pakai tangan kok mbak nguleninya. Trus mulai pakai mixer sejenis Philip itu, tapi maksimal hanya berani 1/4 kg, itupun dibantu nguleni manual. Memang risiko karena peruntukannya bukan untuk adonan roti. Latihan pakai tangan mbak, lama2 biasa n badan sehat..:)
      Untuk whole grain bread, Insya Allah ya mbak, saya cari waktu untuk trial nya. Thanks untuk masukannya.

  11. Hai mbak, makasih banyak resepnya.
    Saya baru saja praktek dengan resep yang hampir sam a dengan pny mbak, cm saya hanya buat hanya 1/2 resepnya mbak.

    saya menggunakan cetakan roti yang ada tutupnya, spt saran mbak volume loyang dibagi 5,2. brarti itu gramasi timbangannya.

    nah untuk pengisian didalamnya, apakah cukup dengan dibulatkan dan langsung di taruh di loyang, atau perlu di giling dengan rolling pin dlu baru di masukkan loyang?

    pertanyaan berikutnya, berapa potongan adonan yang dimasukkan dalam 1 loyang?misalnya timbangan sesuai denganperghitungan volume base tersebut adalah 1000gr?

    terima kasih banyak mbak 🙂

    1. Mbak Novita, digiling dulu lalu digulung dengan tangan. Kalau saya, untuk yang tanpa tutup, langsung saya masukkan setelah digulung. Akhir gulungan ada dibagian bawah loyang nanti ya. Untuk yang bertutup, biasanya saya bagi 3 trus saya tempatkan selang-seling. Semoga bisa membayangkan ya..

      1. Untuk pertanyaan mb Novita selanjutnya juga sudah ada jawabannya ya..

  12. salam kenal mbak…..ikutan nanya nih mbak saya udah coba resep mbak mantep kok cuma …..dalemnya itu lo mbak kurang halus truss lembab n atasnya jadi tebel n keras kenapa ya mbak, thanks before

    1. Kalau kurang halus kemungkinan karena adonan belum kalis benar atau pengembangannya kurang.
      Untuk kulit tebal dan keras bisa disebabkan:
      – atas terlalu panas
      – pengembangan kurang optimum, misal tidak ditutupin, jadi kulitnya kering. Akibatnya keras saat dipanggang.

    2. Mbak Derryaslinda: adonannya sudah bener2 kalis?
      Resep ini memang standard banget mbak. kalau mau lebih halus bisa dimodifikasi bahan-bahannya ya.
      Untuk kulit tebel dan keras, bisa jadi pengaruh pengembangan yang tidak ditutup atau suhu oven.

  13. 1. mb.kalo metode biang tuh..caranya gimana sih..kok saya belum menemukan penjelasan yang jelas cara pembikinan roti dengan metode biang itu? bisa minta penjelasannya mb?
    2. bagaimana caranya agar serat roti lembut, padahal adonan yg saya bikin dah pake telor, shortening, dan bread improver, airnya juga dah pake air es? apa masih ada yang kurang ya mb? apa ada trik khususmungkin?
    mb.ditunggu ya jawabannya segera..semoga sarannya bisa membuat roti saya lebih baik. terimakasih sebelum dan sesudahnya.

    1. 1. Metode biang: Ada sebagian adonan (air, ragi, terigu) yang kita campur dan diamkan terlebih dahulu. Setelah beberapa saat baru biang ini kita campur dengan bahan2 lain membentuk adonan.
      Kapan2 ya..saya bikin..:)
      2. Banyak faktor yang menentukan serat roti halus. Selain pemakaian bahan, keseluruhan tahapan proses dan suhu/humidity lingkungan juga berpengaruh mbak. Cek apakah kita sudah mengaduk dengan benar hingga kalis? Kemudian apakah selama pengembangan adonan tidak kering? Apakah kita cukup memanggang?

  14. mba saya mau tanya.. kalau biasanya kue2 yang pakai pengembang atau soda ku gitu untuk kue apa yah?
    bukannya ini kan biasanya digunakan untung pengembang kue dari co2 yang dihasilkan.. apakah cukup hanya menggunakan ragi saja? dan apa bedanya dengan menggunakan dry yeast?terimakasih banyak atas bantuannya mbak.. 🙂

    1. Kalau yang pakai pengembang baking soda/soda kue itu jenis cake, cookies atau kue tradisional.
      Kalau di roti hanya ragi saja yang diperlukan, meski kadang2 ada yang menambahkan baking powder juga. Tapi tanpa ragi, roti tidak mengembang.
      Ragi itu yeast dan dry yeast itu termasuk salah satu jenis ragi. Contoh dry yeast adalah ragi instan. Selain dry yeast ada compressed yeast (ragi basah).

  15. sekarang kan lagi musim orang pakai pan yg double atas bawah jadi tinggal dibolak balik, jadi maksudnya ngga pakai oven tapi adonan ditaruh di pan anti lengket kemudian dipanggang di api dan ditutup…apakah hasilnya sama dgn di oven ?

    1. Kalau roti tawar kan perlu mengembang tinggi mbak, jadi kemungkinan kalau pakai double pan jadi padat. Hasilnya tidak sama dengan kalau pakai oven.

  16. mba kalo manggang rotinya di double pan bisa ngga ya, kalo bentuk rotinya sih ngga terlalu penting buat saya tapi masalah rasa dan teksturnya apakah akan berubah atau kurang baik ?

    lalu untuk raginya itu apa bisa diganti dgn backing soda ?

    1. Double pan seperti apa ya mbak? Saya belum pernah makai.
      Kalau dalam pembuatan roti, ragi tidak bisa digantikan dengan baking soda.

  17. biasanya klo aku bikin roti tawar kotak, kok bentuknya ndak bisa kotak sempurna itu kenapa ya..? padahal aku udah coba macam-macam cara..
    klo nggak bentuknya nggak kotak sempurna, pasti jadinya kotak penyok..
    sbenarnya, bagaimana sih caranya supaya roti tawar nya bisa berbentuk kotak sempurna..? tolong dibantu ya..
    trima kasih sebelumnya….

    1. Kalau nggak sempurna kotaknya, kemungkinan karena:
      – berat adonan yang ditempatkan kurang
      – under proof atau belum cukup mengembang
      – kalau penyok berpinggang, alias sudah pas tapi trus agak mimpes bisa jadi karena over proof (kelamaan proses pengembangannya)

  18. Hi Mbak…salam kenal.
    Mengaduk adonan disini pakai mixer atau cukup pakai spatula dan tangan saja ya ? Dan ada bedanya gak kalau hasil dg menggunakan mixer dan mengaduk dg tangan ?
    Makasih

    1. Salam kenal juga mb Via.
      Mengaduk yang dimaksud dengan menggunakan mixer ya. Kalau dengan tangan kita uleni bener2, gak cukup kalau hanya dengan spatula.
      Kalau diuleni dengan tangan hingga maksimal, bener2 kalis bisa jadi gak ada bedanya mbak. Tapi bagaimana pun kekuatan mixer lebih dong dari pada tangan.
      Tapi, saya juga kadang2 masih nguleni dengan tangan kok kalau hanya bikin sedikit.

  19. dear
    mbak kalau membuat roti harum seperti roti-roti yang di jual di mal-mal gimana ya?
    dan membuat aroma roti itu tersebar ke seluruh ruangan gimana?
    apa ada airrosol yang baunya seperti wanginya roti itu?
    gimana cara membuat roti tawar awet tanpa pengawet, tanpa kulkas?
    nah gimana membuat roti itu keliatan kinclong?
    untuk oven merk apa yang cocok buat usaha rumahan?
    gimana karakter ovennya?
    kalau tepung apa pengaruh pada warna hasil akhirnya?
    maaf banyak tanya aq pengen buka usaha bikin roti.
    tolong kirim jawabanya ke email saya tungu ya mbak, trima kasih.

    1. Saya jawab di sini saja ya Pak Santosa..:)
      1. Roti harum bisa dibuat dengan bahan-bahan yang bagus, terutama pemakaian mentega atau butter yang harum.
      Memang ada parfum aroma roti/cake/butter.
      2. Roti agar awet tanpa pengawet, bisa dari:
      – proses, pilih metode biang (sponge n dough)
      – proses yang higienis
      Tapi perlu diketahui, seawet-awetnya roti tanpa pengawet hanya 3-5 hari saja.
      Kecuali dengan metode biang proses tertentu dan bahan yang kaya, memang ada yang bisa tahan berbulan-bulan tanpa pengawet.
      3. Cara membuat roti kinclong: sebelum masuk oven diolesi kuning telur yang dicampur dengan susu evaporasi. Setelah keluar dari oven dioleskan butter, bisa juga. Silahkan pilih mana yang disuka.
      4. Banyak sekali pilihan oven Pak. saya sarankan kalau untuk usaha rumahan bisa pakai oven gas. Bisa googling via internet, produsennya macem2 kok.
      5. Pemilihan tepung tidak selalu berpengaruh pada warna hasil akhir (roti). Tapi pemilihan tepung yang salah bisa sangat mempengaruhi hasil roti keseluruhan.
      Semoga membantu.

    1. Sist Tery, bisa cerita tentang formulasi n prosesnya? Jadi saya ada gambaran kira2 di mana salahnya. Banyak hal bisa berpengaruh mulai bahan, proses dan lingkungan.

  20. klo ragi nya cuma 11gram ntar hasilnya beda g?soalnya klo merk fermipan tu kan cm 11gram per bungkusnya..klo yg 15gram pake merk apa? plis dijawab yaaa…makasih 🙂

    1. Gak beda mbak..asal waktu pengembangannya pas. Iya kalau yang sachetan itu memang semua 11 gram semua kok.

  21. mbak, selama ini sy menggunakan frezer untuk membuat es batu guna mencampur air adonan spy dingin tapi skrg sdh g praktis lagi seiring dg jumlah produksi, kira2 ada g mbak alat khusus buat mnyuplai air dingin buat adonan yg lebih praktis dan stokny tdk terbatas. tks.

  22. Mbak,
    mohon cara lengkap membuat Roti Tawar Gandum (SEMUA GANDUM), yg sehat, kalo bisa non FAT.
    juga tips2 agar lbh enak, montok, lembut…di sukai smua umur…
    pengan coba buat Industri skala RT…

    itu proses masaknya di Oven yg sama dg Oven membuat kue/roti lainnya ya mbak…??
    lalu apakan agar bentuknya bagus, perlu cetakan??

    trim’s sebelumnya,
    Ardi-Jogjakarta

    1. Oke Pak Ardi… ditunggu postingannya deh. Insya Allah dalam waktu dekat. Soalnya belum ada dokumentasi fotonya, hehe.. Jadi harus baking untuk diposting.
      Oven sama saja kok dengan oven membuat roti lainnya.
      Bukan cetakan tapi loyang, biasanya memang pakai loyang roti tawar itu.

  23. Mba

    Mentega putih itu apa ya? Apa ada merknya? Beli di mana?
    Loyang roti tawar itu seperti apa? Setahu sy di tk tidak ada loyang yg berbentuk roti tawar. Maaf mba nanya spt ini, maklum sy msh pemula

    1. Mentega putih adalah shortening, terbuat dari minyak nabati yang sudah melalui proses hidrogenisasi, sehingga berbentuk padat. Mentega putih jauh lebih padat/keras dibanding mentega biasa. Merknya macam-macam di pasaran, ada Palmia, Pusaka, Croma.
      Loyang roti tawar sebetulnya loyang yang memang dipakai untuk menempatkan adonan roti tawar yang akan dipanggang Mbak. Ada kok. Kalaupun tidak punya, bisa pakai loyang yang tinggi.

  24. Salam kenal mbak, mau tanya, di atas kan mbak bilang, kalo rotinya mau bohay bisa ditambah bahan lain. Bahan lainnya apa saja ya mbak ? Trus perbandingan pemakaiannya berapa ? Thanks ya mbak, aku udH coba resep yg di atas dan berhasil…

    1. Bahan lainnya misalnya bread improver Mbak, di pasaran ada yang merk Baker bonus, S-500 n lainnya saya gak hapal..:)
      Kalau untuk konsumsi anak2 di rumah,paling2 saya ganti mentega putihnya dengan butter, lebih yummy…..

  25. salam kenal mbak,,,
    mbak, kenapa ya terkadang bikin roti tawar kotak kok selalu kempis-ada bagian pinggir yg tdk matang-. Suhu oven 200’C, oven dipanaskan setengah jam lebih, selama 30 menit. Tapi terkadang jg bisa kotak bagus. Apa ya yg bikin roti kempis? Apakah apinya? Ovennya? atau adonannya?

    1. Yang bikin roti kempis, banyak kemungkinan:
      – adonan over fermented (terlalau lama ngembanginnya)
      – roti memang belum matang sempurna
      – di 10 menit pertama untuk manggang roti tawar, oven jangan dibuka-buka. Karena adonan belum set benar. kalau dibuka akan terjadi perubahan suhu n bikin kempis.
      Kalau soal oven tergantung masing2 oven n digaulinya, hehe…
      Semoga membantu..:)

  26. Salam kenal mbak,
    Kemaren saya buat roti bgn bawahnya udh angus tapi atasnya masih pucat, kenapa atasnya tdk coklat ?.
    Oven yang saya gunakan adalah oven untuk memasak kue kering.
    Terima kasih atas tanggapannya

    1. Salam kenal Mbak Ester,
      Ovennya oven tangkring atau listrik Mbak? Kira2 berapa lama manggangnya waktu itu?
      Kalau oven listrik, bisa jadi perlu pengaturan misal 10 menit terakhir api atas dinyalakan. Kalau oven tangkring kemungkinan api terlalu besar, suhu terlalu panas n belum stabil.
      Aturannya kalau roti ukuran besar suhunya lebih rendah dengan waktu lebih lama, kalau roti unyil, suhunya sedikit ditinggikan dengan waktu panggang sebentar.

  27. flavour itu maksudny essense ya mbak? sy pernah pake essense milk condense toffieco, tp aromany tdk seperti susu bbk tp lebih ke aroma susu kental manis. apa hrs pake essense vanila ya mbak? makasih.

    1. Ya Mbak, essence. Milk condensed memang lebih mengarah ke SKM. Mbak bisa coba aroma butter kalau mau lebih “nyusu” aromanya. Bisa juga coba yang vanilla butter.

  28. mbak gimana carany agar aroma susu roti tawar bs lebih nendang, tapi biaya produksiny/cost msh tetap ekonomis? makasih.

  29. mbak bagaimana cara menghitung volume adonan roti twr kalo kita pake loyang yg lebih besar? uk. 12.5×12.5x32cm. makasih mbak.

    1. Untuk berat adonan ya maksudnya? Rumusnya
      a. Untuk loyang tanpa tutup = Volume loyang dibagi 4,5
      b. Untuk loyang tertutup (sandwich, kotak) = volume loyang dibagi 5,2
      Untuk ukuran di atas range adonan sekita 960 – 1100 gram Mbak. Kurleb itu, kalau nanti perlu diadjust, misal kurang padat atau terlalu padat, berat adonan bisa ditambah/dikurang sedikit.
      Semoga membantu…:)

  30. makasih byk mbak atas info resepny. mbak nggak perlu improver ya mbak? klo misalnya ditambah improver ada efekny nggak mbak? makasih.

    1. Kalau saya bikin sendiri, jarang pake improver. Tapi kalau mau ditambah improver juga oke, lebih halus teksturenya, sampai 2 hari masih lembut gak kering

    1. Mungkin maksudnya mentega putih ya, tidak sama dengan butter tapi bisa digantikan dengan butter karena sama-sama lemak.

  31. salam kenal mbak,makasih resepnya. Dulu tuh waktu sekolah saya uda pernah buat roti,tapi skrang uda lupa,abis uda lama sih.hehehe
    oh iya, susu bubuk yg dipakai biar enak apa ya merknya?

    1. Salam kenal juga…;) Susu bubuk suka2 kok, gak terpatok merk, kalau idealnya susu skim or susu bubuk non fat. Tapi saya suka pakai susu bubuk biasa, merk Dancow or Indomilk oke juga.

  32. oh gitu ya Mbak…ok deh klo gitu…oh ya pantesan kemarin bikin amandel pake tpg gandum hslnya tdk memuaskan, tdk mekar…hiksss….beda pas pake yg tpg biasa…btw, tx buat responnya…GBU.

  33. salam kenal mbak…mau coba resepnya jg…klo tepungnya saya ganti dg tepung gandum bs nggak?…tx b4

    1. Silahkan. Bisa Mbak… Tapi biasanya tetap diperlukan terigu tinggi protein juga. Perbandingannya suka2 kita, terigu:tepung gandum bisa bervariasi dari 50:50 ke 80:20. Kalau 100% tepung gandum, rotinya padat.

  34. biar lebih enak, boleh gak ya Mbak , kalo mentega diganti butter ( ie merk wysman ) ?
    Ato malah bakal ngerusak adonan dan kualitas roti?
    Tks Mbak

    1. Of course boleh Say.. baunya jadi wangi n lebih lembut. Tapi memang warnanya jadi tidak putih.

Tuliskan pesan/komentar