Cake, KBB

KBB#19: Birthday Edition

Tantangan Klub Berani Baking kali ini bertema ”Birthday Edition”. Member dipersilahkan memilih resep dari KBB1 hingga KBB18. Aku memang bukan member dari awal jadi banyak tantangan yang aku lewatkan. Pilihanku ada 2 sebenarnya yaitu Cheese Souffle tantangan KBB12 dan dan Ontbijtkoek tantangan KBB11. Bukan karena mudahnya, namun karena uniknya n belum pernah ngerjain. Berhubung habis mudik lebaran, masuk kantor, ditinggal asisten rumah, trus musti luar kota lagi buat 40 hari meninggalnya ayahanda, jadilah daku kerjakan resep yang ada bahan sedia di rumah, taraaa…. si Ontbijtkoek, kue Belanda yang harum rempahnya sensational (eitts.. lebai deh)

Resep aku pakai dari KBB11 yang bersumber dari Yasa Boga dengan modifikasi kenari iris taburan aku ganti dengan keju parut, meniru salah seorang member KBB, Mira. Thanks ya Mira for the idea.

Kesan selama menjadi member KBB? Waw… tak tergantikan dengan kata deh, secara ndilalah (halah..bahasa Indonesianya apa ya?), kok ya kebetulan produk baking yang selama ini aku hindari justru muncul di tantangan KBB. Dari 4 kali ngerjain tantangan, 2 adalah yang aku ogah-ogahan buat mencobanya, yaitu Chiffon Cake n Macarons. Tapi dengan gagah berani toh harus menghadapai tantangan dong?

ONTBIJTKOEK
Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga – PT Gramedia Jakarta. 2007.

Bahan :
• 125 gr gula palem/gula merah (aku pakai gula merah
• 5 butir kuning telur
• 3 butir putih telur
Campur rata :
• 125 gr tepung terigu
• 1 sdt peres kayu manis bubuk
• ½ sdt pala bubuk
• ¼ sdt cengkeh bubuk (aku nggak pakai)
Taburan :
• 50 gr kenari, iris tipis (aku ganti 25 gr keju parut)

Cara membuat:
1. Kocok kuning telur, putih telur, dan gula palem sampai kental dan naik.
2. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata.
3. Tuang ke dalam loyang yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi mentega. Taburi keju parut.
4. Panggang hingga matang (aku pakai suhu 170 der Celcius selama 30 menit).

1 thought on “KBB#19: Birthday Edition”

Tuliskan pesan/komentar